Casroni, Casroni (2023) Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 04 Karangbrai Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. Masters thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
5221063_COVER_BAB I & BAB VII.pdf Download (3MB) |
|
Text
5221063_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Kebijakan Merdeka Belajar diberlakukan sebagai upaya pemulihan ketertinggalan pembelajaran (learning loss) dengan menyempurnakan kurikulum sebelumnya. Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka tidak secara sempurna mampu diimplemenasikan dan menimbulkan problem baru yang dialami oleh guru, maka dari itu Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Bagaimana implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SDN 04 Karangbrai? (2) Apa saja problematika dalam implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SDN 04 Karangbrai? (3) Bagaimana solusi dalam menghadapi problematika implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SDN 04 Karangbrai? Tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan tesis ini adalah menemukan jawaban dari rumusan masalah Untuk menganalisis implementasi, problematika dan solusi dari impelementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SDN 04 Karangbrai. Dalam penelitian penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), yaitu studi yang mendalam menggunakan teknik pengumpulan data langsung dari orang dalam lingkungan alamiahnya. Menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif serta analisis terhadap problematika implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran PAI yang diamati. Dari penelitian ini di peroleh suatu data deskriptif yang menggambarkan implementasi, problematika, dan solusi implementasi kurikulum merdeka di SDN 04 Karangbrai adapun data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian diolah menjadi sebuah informasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 04 Karangbrai dilaksanakan mulai awal tahun pelajaran 2022/2023 dan ditemukan belum optimal. Berkaitan problematika implementasi kurikulum merdeka Kompetensi: Guru yang kurang dalam memami konsep kurikulum, Motivasi belajar siswa yang rendah, Penerapan metode pembelajaran yang belum sesuai dan Sarana Prasarana SDN 04 karangbrai yang masih belum lengkap. Adapun untuk solusi dari permasalahan adalah dengan penerapan pembelajaran humanistik untuk menyelesaikan masalah motivasi belajar siswa, Keikutsertaan Workhsop berkelanjutan untuk mengatasi permasalahan kompetensi guru, dan Penerapan metode pembelajaran yang Kreatif dan Efektif untuk mengatasi Ketidakssesuaian penerapan metode dan kurang lengkapnya sarana dan prasarana.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Problematika, Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Dec 2023 08:54 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 Feb 2024 02:58 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6059 |
Actions (login required)
View Item |