Rohmutadi, Rohmutadi (2021) Implementasi Model Pembelajaran Make A Match Pada Mata Pelajaran Alquran Hadits Pada materi Menulis Huruf Hijaiyah. Masters thesis, IAIN Pekalongan.
Text
5219024-Bab1&5.pdf Download (2MB) |
|
Text
5219024-fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Komunikasi pembelajaran merupakan merupakan faktor yang sangat penting dalam proses pembelajaran yang akan mampu menentukan kualitas dan hasil pembelajaran itu sendiri. Aspek komunikasi seringkali diabaikan oleh seorang guru karena guru lebih dituntut untuk membuat perencanaan mengajar yang menitik beratkan pada kurikulum dan materi. Bagaimana cara guru menyampaikan isi pelajaran diserahkan begitu saja tanpa ada rancangan yang jelas. Hal ini mengakibatkan komunikasi tiak efektif, materi tidak tersampaikan optimal, siswa yang kurang antusias dan akibat lain dari komunikasi pembelajaran yang tidak terencana dengan baik. RumusanMasalah yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadits di MI Al Ikhsan Ujungnegoro Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang sebelum implementasi model pembelajaran Make and Match? 2) Bagaimana implementasi model pembelajaran Make and Match pada mata pelajaran Alquran Hadits untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar menulis huruf hijaiyah di MI Al Ikhsan Ujungnegoro Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang? 3) Apa implikasi implementasi model pembelajaran Make and Match pada mata pelajaran Alquran Hadits untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar menulis huruf hijaiyah di MI Al Ikhsan Ujungnegoro Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang? Tujuan penelitian: 1) Menganalisis keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadits di MI Al Ikhsan Ujungnegoro Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang sebelum implementasi model pembelajaran Make and Match. 2) Menganalisis implementasi model pembelajaran Make and Match pada mata pelajaran Alquran Hadits untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar menulis huruf hijaiyah di MI Al Ikhsan Ujungnegoro Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. 3) Menganalisis implikasi implementasi model pembelajaran Make and Match pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar menulis huruf hijaiyah di MI AlIkhsan Ujungnegoro Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. penelitian lapangan (field research) karena penelitian ini dilakukan dalam kancah kehidupan yang sebenarnya, yakni dengan mengamati secara langsung tentang kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Alquran hadits pada materi menulis huruf hijaiyah siswa MI Al Ikhsan Ujungnegoro Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Hasil penelitian: 1) Keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadits di MI Al-Ikhsan Ujungnegoro Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang sebelum implementasi model pembelajaran Make and Matchxiv dapat dikatakan kurang. 2) Pada ranah implementasi terdapat (1) Fase Persiapan, (2) Fase Pelaksanaan, (3) Fase Penilaian, (4) Fase Penutupan. 3) Implikasi implementasi model pembelajaran Make and Match pada mata pelajaran Alquran Hadits untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar menulis huruf hijaiyah di MI Al-Ikhsan Ujungnegoro Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang adalah bagus.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Make a Match, Mata Pelajaran AlQur’an Hadits. | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Ari Sugeng | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Dec 2023 08:55 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Dec 2023 08:55 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6061 |
Actions (login required)
View Item |