Munasifah, Munasifah (2021) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri I Taman Pemalang. Masters thesis, IAIN Pekalongan.
Text
5217027-Bab1&5.pdf Download (3MB) |
|
Text
5217027-fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu keniscayaan ketika paradigma pembelajaran sudah berubah dari berpusat pada guru (teacher centered) menjadi lebih berpusat pada siswa (student centered). Ini bermaknabahwa peserta didik tidak lagi dianggap sebagai objek pembelajaran, bahkan dia juga ikut dalam menentukan perkembangan dirinyaPermasalahan pada penelitian ini adalah: 1. Bagaimana penerapan model pembelajaran Kooperatif pada Mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPNegeri 1 Taman Pemalang? 2. Apa faktor pendukung dan penghambat dari penerapan model pembelajaran Kooperatif pada Mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Taman Pemalang? Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Kooperatif pada Mata pelajaran PAI dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dari penerapan model pembelajaran Kooperatif pada Mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Taman Pemalang. Sedangkan Kegunaan Penelitian ini sebagai berikut: diharapkan berguna diantaranya yaitu: Secara teoritis menambah wawasan dan khasanah Ilmu pengetahuan terutama tentang Model pembelajaran Kooperatif pada Mapel PAI. Dengan adanya penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi para pendidik. Secara Praktis diharapkan berguna bagi dan Sebagai bahan masukan, feed back dalam menentukan kebijakan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Negeri 1 Taman Pemalang yang berkaitan dengan pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan field research (penelitian lapangan). Metode pengumpulan data melalui observasi, dan wawancara. Teknik analisis data penelitian ini dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1. Penerapan model pembelajaran Kooperatif pada Mata pelajaran PAI, yaitu a). Para guru mempersiapkan, menyusun terkait materi pembelajaran apa yang diajarkan dan model pembelajaran yang digunakan b). langkah-langkah penerapan model pembelajaran Kooperatif pada kegaiatan awal dimulai dengan menyapa siswa dan memberikan motivasi c). Batasminimum ukuran keberhasilan dapat dilihat dari kriteria ketuntasan 2. Faktorpendukung dan penghambat dari penerapan model pembelajaran Kooperatif pada Mata pelajaran PAI yaitu dari guru itu sendiri dalam memilih penerapan model pembelajaran yang tepat dan menyajikan materi, juga dengan adanya kerjasama dan keaktifan para siswa dan guru.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Model, Kooperatif | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Asefuddin Riza | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Dec 2023 03:58 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Dec 2023 03:58 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6075 |
Actions (login required)
View Item |