Kamsis, Slamet (2022) Pembaharuan Pendidikan Islam Berbasis Tasawuf perspektif K.H Said Aqil Siroj. Masters thesis, IAIN Pekalongan.
Text
5217028-Bab1&5.pdf Download (13MB) |
|
Text
5217028-fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) |
Abstract
Pada dasarnya selain dikaruniai akal budi, Allah SWT juga menciptakan manusia dari sudut pandang: pendengaran, penglihatan, dan perasaan. Semuanya tersebut harus mampu termaksimalkan untuk mengerahkan segala potensi intelektual dalam mengembangkan potensi manusia secara terdidik. Jadi, capean pendidikan tersebut bukan saja kuantitas, tetapi juga kualitas. Dengan kata lain pembaharuan pendidikan diorientasikan untuk kesempurnaan lahir batin manusia itu sendiri. Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Pemikiran Pendidikan Islam Berbasis Tasawuf “K.H Said Aqil Siroj?” Bagaimana Kontekstualisasi Pemikiran Pembaharuan Pendidikan Islam Berbasis Tasawuf Yang Ditawarkan” K.H Said Aqil Siroj? Tujuan penelitian adalah : (1) untuk memudahkan pemahaman atas konsep pembaharuan pendidikan Islam berbasis Tasawuf yang ditawarkan oleh K.H Said Aqil Siroj dan mampu menjadi sumber referensi terkait dengan konsep pembaruan pendidikan Islam. Lebih khusus dikalangan masyarakat ahdliyin maupun masyarakat Muslim pada umumnya dalam rangka menghadapi persaingan global. (2) Penelitian ini bertujuan menemukan kontekstualisasi atas konsep pembaharuan endidikan Islam berbasis Tasawuf yang ditawarkan oleh K.H Said Aqil Siroj. Jenis penelitian ini adalah kualitatif..dengan..pendekatan deskriptif.. (library research) dengan pendekatan”hermeneutik dan pendekatan Sosio-Historis. Pengumpulan data melalui teknik pengumpulan data berupa dokumentasi. Adapun yang menjadi sumber data primer adalah buku-buku karya beliau seperti: Allah dan Alam Semesta: Perspektif tasawuf falsafi. Tasawuf sebagai kritik sosial. Dialog Tasawuf Kiai Said: Aqidah, tasawuf dan relasi antar umat beragama. Adapun ain yang yang mendukung data penelitian. Penelitian ini menghasilkan temuan (1) Pendidikan sebagai sebuah lembaga dan tasawuf sebagai salah satu alternatif metode untuk pembelajaran merupakan wahana yang paling ideal untuk melancarkan pembaharuan Islam. Pembahruan yang dimaksud adalah untuk perubahan mentalitas masyarakat muslim yang masih terus diidentikan dengan kemiski an, kebodohan, ketertinggalan, untuk menuju kearah masyarakat yang kaya, cerdas dan maju. (2) Konsep tasawuf yang ditawarkan Kiai Said adalah konsep keseimbangan untuk berlaku proporsional antara ilmu, amal, dan kesucian hati.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembaharuan, Pendidikan Islam, Tasawuf | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Asefuddin Riza | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Dec 2023 06:18 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Dec 2023 06:18 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6081 |
Actions (login required)
View Item |