Putri, Dina Permatasari (2015) Analisis swot (Strenght, weaknesses, opportunity, threaths) dalam pengembangan produk simpanan menuju sejahtera pluss (SMESS) di KJKS BMT Istiqlal Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.
Text
2012111070 DINA PERMATASARI PUTRI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (10MB) |
|
Text
2012111070 DINA PERMATASARI PUTRI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (23MB) |
Abstract
Baitul Mal Wa Tamwil (BMT) merupakan balai usaha mandiri terpadu yang isinya berintikan lembaga hait al-mal wa at-tamwil. yakni lembaga usaha masyarakat yang mengembangkan aspek-aspek produksi dan investasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan ekonomi dalam skala kecil dan menengah. Koperasi Jasa Keuangan Syariah selalu berusaha untuk mengembangkan usahanya, seperti halnya produk-produk yang mereka miliki. Agar produk yang dijual laku dipasaran, maka penciptaan produk haruslah memperhatikan tingkat kualitas yang dimginkan nasabahnya. Dalam hal ini BMT akan dihadapkan oleh berbagai pengaruh, baik pengaruh yang dapat menguntungkan maupun yag merugikan Dalam rangka menyusun strategi tersebut, BMT harus melakukan pendekatan berdasarkan analisis SWOT Analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan Adapun Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana Analisis SWOT produk SMESS dan bagaimana penerapannya dalam pengembangan produk SMESS. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah penelitian lapangan (field research) dengan raenggunkan pendekatan kualitatif Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer berupa intervice dengan bagian pemasaran di Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT Istiqlal Pekalongan, dan data sekunder berupa penelitian terdahulu serta sumber-sumber lain yang terkait. Teknik pengumpulan datanya dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi Dari hasil peneltian di dapat bahwa Penerapan analisis SWOT terhadap pengembangan produk SMESS diterapkan dengan melihat matrik SWOT produk SMESS Berdasarkan pendekatan analisis SWOT produk SMESS, BMT Istiqlal mengambil keputusen memasarkan produk SMESS dengan cara meningkatkan pengembangan produk SMESS Adapun langkah-langkah yang dilakukan yaitu dengan menambah atau mengarangi angsuran tiap bulannya sesuai pangsa pasar, selalu memonitoring setiap bulannya, meningkatkan service excellent, menambah undian setiap bulannya dan meningkatkan loyaltias nasabah
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis SWOT, pengembangan produk, produk SMESS, dan KJKS BMT Istiqlal Pekalongan | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 11 Dec 2023 07:19 | ||||||||
Last Modified: | 03 Jan 2024 10:07 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6092 |
Actions (login required)
View Item |