Peran Guru Pai Dalam Membina Akhlak Siswa Di Smk Negeri 1 Pemalang

Mujahid, Mujahid (2023) Peran Guru Pai Dalam Membina Akhlak Siswa Di Smk Negeri 1 Pemalang. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5220006 - Cover_Bab I_Bab VII.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5220006 - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh serangkaian fenomena yakni para lulusan pada satuan Pendidikan tingkat SLTA secara moral cenderung merosot. Dalam proses inilah, maka guru PAI dituntut untuk bisa berperan aktif mengubah pengetahuan agama yang bersifat kognitif (pengetahuan) menjadi nilai (Value) yang dapat diinternalisasikan dalam diri siswa, khususnya siswa SMK Negeri 1 Pemalang. Terdapat beberapa hal yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain : (1) Bagaimana implementasi pembinaan akhlakul karimah siswa di SMK Negeri 1 Pemalang, (2) Bagaimana faktor penghambat dan faktor pendukung dalam membina akhlakul karimah siswa di SMK Negeri 1 Pemalang, (3) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMK Negeri 1 Pemalang. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk menganalisis implementasi pembinaan akhlakul karimah di SMK Negeri 1 Pemalang, (2) menganalisis faktor-faktor penghambat dan pendukung yang mempengaruhi dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di SMK Negeri 1 Pemalang serta (3) menganalisis peran guru PAI dalam membina akhlakul karimah siswa di SMK Negeri 1 Pemalang. Sesuai dengan fokus masalah yang dikaji, maka dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitiannya berupa penelitian lapangan (field research), adapun prosedur dalam pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Kondensasi data, yaitu proses menyeleksi, menfokuskan, menyederhanakan, mengabstraksi, dan mentransformasi data. Sedangkan untuk teknik uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitiannya menunjukan bahwa, (1) Pembinaan akhlakul karimah siswa di SMK Negeri 1 Pemalang dilakukan dengan berbagai kegiatan seperti shalat dhuha, sholat dzuhur berjama’ah, tadarus al-Qur’an, pesantren kilat, ekstrakurikuler Pramuka, ekstrakurikuler Rohis, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Jumat sedekah, Mengkondisikan suasana yang religius serta peringatan hari besar islam (2) Beberapa faktor yang mendukung dalam pembinaan akhlakul karimah siswa SMK Negeri 1 Pemalang antara lain adanya komitmen bersama, kemauan siswa, dan peran orang tua. Sementara itu, faktor yang dapat menghambat dalam pembinaan akhlakul karimah yaitu adanya pengaruh media sosial serta pergaulan siswa di masyarakat. (3) Peran Guru PAI dalam membina akhlak siswa di SMK Negeri 1 Pemalang melalui: (a) penguatan materi akhlakul karimah pada proses pembelajaran (peran sebagai edukator, manager, administrator, supervisor, leader dan inovator), (b) mengkondisikan suasana sekolah yang religius (peran sebagai motivator dan dinamisator) dan (c) Pembina ekstrakurikuler Pramuka dan Rohis (peran sebagai fasilitator) . Dalam upaya untuk mengoptimalkan peranannya tersebut diperlukan keteladanan dan pembiasaan yang diimplementasikan oleh semua guru PAI di SMK Negeri 1 Pemalang.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, Susminingsih19750211 199803 2 001UNSPECIFIED
Thesis advisorUntung, Slamet19670421 199603 1 001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru PAI, Membina Akhlak
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 14 Dec 2023 08:01
Last Modified: 06 Feb 2024 03:34
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6129

Actions (login required)

View Item View Item