Istiqhfariyah, Siti (2023) Integrasi Nilai-Nilai Ketakwaan Dalam Pembelajaran Ipa Melalui Pendekatan Stem (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Di Mts Negeri 2 Pemalang. Masters thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
5219025-Bab1&7.pdf Download (7MB) |
|
Text
5219025-Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Siti Istiqhfariyah, 2023, “Integrasi Nilai-Nilai Ketakwaan dalam Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) di MTs Negeri 2 Pemalang”. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: I. Prof. Dr. Hj. Susminingsih, M.Ag. II. Dr. Slamet Untung, M.Ag. Penelitian ini didasarkan pada wacana integrasi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan agama yang selama ini digaungkan dalam pendidikan Islam. Namun pada kenyataannya, pembelajaran di madrasah baik itu mata pelajaran umum maupun agama masih dilakukan secara terpisah. Untuk merealisasikan gagasan besar tersebut dibutuhkan pendidik yang kreatif dan inovatif dalam mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran yang mengaitkan nilai-nilai ketakwaan dalam pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Menganalisis integrasi nilai-nilai ketakwaan dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan STEM; 2) Menganalisis nilai-nilai ketakwaan yang diintegrasikan dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan STEM; dan 3) Menganalisis implikasi integrasi nilai-nilai ketakwaan dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan STEM di MTs Negeri 2 Pemalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Keabsahan data dilakukan dengan uji triangulasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan: 1) Integrasi nilai-nilai ketakwaan dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan STEM dilakukan melalui tahap perencaanan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan, nilai-nilai ketakwaan diintegrasikan dalam sintak pembelajaran STEM melalui fase refleksi, penelitian, penemuan, aplikasi, dan komunikasi. 2) Nilai-nilai ketakwaan yang diintegrasikan pada fase refleksi adalah menjaga hubungan dengan Allah Swt. Pada fase penelitian adalah menjaga hubungan dengan diri sendiri melalui belajar sepanjang hayat. Pada fase penemuan adalah menjaga hubungan dengan teman seperti menghargai pendapat. Pada fase aplikasi adalah menerima ketetapan Allah Swt dengan penuh qanaah. Pada fase komunikasi adalah kepercayaan pada diri sendiri bahwa ia memiliki berbagai potensi dan kemampuan. 3) Implikasi dari integrasi nilai-nilai ketakwaan dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan STEM sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas ketakwaan peserta didik dalam menjalankan kehidupan sehari-hari maupun sebagai bekal kehidupan di masa yang akan datang. Siti Istiqhfariyah, 2023, "Integrating the Values of Piety in Science Learning Through the STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Approach at MTs Negeri 2 Pemalang". Thesis, Islamic Religious Education Program, Postgraduate, State Islamic University K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Advisor: I. Prof. Dr. Hj. Susminingsih, M.Ag. II. Dr. Slamet Untung, M.Ag. This research is based on a discourse related to the integration of science or natural sciences (IPA) and religion which has so far been echoed in Islamic education. However, in reality, learning in madrasah, both general and religious subjects, is still carried out separately. To realize this big idea requires educators who are creative and innovative in designing, implementing, and evaluating learning that links the values of piety in science learning. The research objectives were: 1) To analyze the integration of piety values in science learning through the STEM approach, 2) To analyze the integrated values of piety values in science learning through the STEM approach, and 3) To analyze the implications of integrating the values of piety in science learning through the STEM approach at MTs Negeri 2 Pemalang. This research is field research with a qualitative approach. Collecting data using the method of observation, interviews, and document analysis. The research instrument uses interview guidelines, observation, and document analysis. The validity of the data is done by triangulation test. Data analysis techniques use data condensation, data presentation, and conclusions. The results of the study reveal: 1) Integration of the values of piety in science learning through the STEM approach is carried out through the stages of planning, implementing, and evaluating learning. At the learning implementation stage, the values of piety are integrated into the STEM learning syntax through the phases of reflection, research, discovery, application, and communication. 2) The values of piety that are integrated with the reflection phase are maintaining a relationship with Allah SWT. The research phase is maintaining a relationship with oneself through lifelong learning. The discovery phase is to maintain relationships with friends by appreciating ideas, opinions, and ideas. In the application, phase is to accept Allah's decree with qanaah. In the communication phase is the belief in yourself that he has various potentials and abilities. 3) The implications of integrating the values of piety in science learning through the STEM approach are as an effort to improve the quality of the piety of students in carrying out their daily lives and as a provision for life in the future
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Integrasi, Nilai-Nilai Ketakwaan, IPA, STEM. Keywords: Integration, Faith Values, Science, STEM. | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Ari Sugeng | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Dec 2023 09:23 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Dec 2023 09:23 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6155 |
Actions (login required)
View Item |