Izza, Fina Niswati (2023) Manajemen Penggunaan Media Pembelajaran Pai Berbasis Video Youtube Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Mi Nu Buaran Kota Pekalongan. Masters thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
5219040-Bab1&5.pdf Download (48MB) |
|
Text
5219040-fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (49MB) |
Abstract
Fina Niswati Izza, NIM. 5209040. 2023. Manajemen Penggunaan Media Pembelajaran PAI berbasis Video Youtube Di MI NU Buaran Kota Pekalongan.Tesis Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: (1) Dr. H. Slamet Untung, M.Ag. (2) Prof. Dr. Hj. Susminingsih, M.Ag. Media pembelajaran adalah sarana pendukung proses pembelajaran agar peserta didik dapat menerima materi pembelajaran dengan baik. Penggunaan media pemebelajaran perlu dikelola dengan baik terlebih ketika terjadi situasi yang tidak diinginkan contohnya pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 yang mengakibatkan perubahan sistem pembelajaan yang signifikan, namun madrasah tetap memiliki tanggung jawab bahwa kegiatan belajar mengajar harus tetap berjalan. Bagaimana cara guru PAI menyampaikan materi pelajaran dengan efektif sedangkan siswa dilarang untuk berangkat ke madrasah. Penyampaian materi yang hanya melalui media foto mengakibatkan menurunnya motivasi belajar peserta didik dikarenakan mereka mengalami kesulitan dalam memahami materi. Akhirnya dipilih video Youtube sebagai media penyampaian materi pelajaran Pendidikan Agama Islam. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: 1. Bagaimana manajemen penggunaan media pembelajaran PAI berbasis video Youtube di MI NU Buaran Kota Pekalongan? 2. Bagaimana gambaran video pembelajaran PAI yang terdapat di Channel Youtube MI NU Buaran Kota Pekalongan? 3. Apa faktor pendukung dan penghambat penggunaan media pembelajaran PAI berbasis video Youtube di MI NU Buaran Kota Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah : mendeskripsikan kegiatan guru PAI di MINU Buaran dalam rangka manajemen penggunaan media pembelajaran berbasis video Youtube. Mendeskripsikan video pembelajaran PAI yang terdapat di Channel Youtube MI NU Buaran Kota Pekalongan dan untuk mengetahui relevansi konten video apabila digunakan pada kegiatan pembelajaran yang sudah berjalan normal. Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen penggunaan media pembelajaran PAI berbasis video Youtube di MI NU Buaran Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk penelitian lapangan. Pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya dengan menggunakan teori dari miles, Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan (1) manajemen penggunaan media pembelajaran PAI berbasis video Youtube di MI NU Buaran Kota Pekalongan : a) Perencanaan sudah terlaksana dengan baik. b). Pengorganisasian sudah terlaksana dengan baik. c). Pelaksanaan sudah terlaksana dengan baik. d) Evaluasi sudah terlaksana dengan baik. Terdapat 92 video pemebelajaran PAI di channel Youtube MI NU Buaran Kota Pekalongan. Video tersebut hasil produksi guru pada sekolah tersebut. 86 video masih relevan dan dapat digunakan sebagai media dan sumber belajar kegiatan sekarang. Konten video tersebut sangat menarik karena menggunakan metode yang bervariasi sehingga dapat meningkatkan motivasi peserta didik. Faktor pendukung : 1. SDM yang kompeten 2. Ketersedian sarana dan prasarana untuk membuat video. Faktor Penghambat : 1. Kurangnya sarana dan prasarana menonton video. 2. Kesibukan orang tua 3. Keterbatasan kreativitas guru Fina Niswati Izza, NIM. 5209040. 2023.Management of Use of Youtube Video-Based Islamic Religious Education Learning Media in MI NU Buaran Pekalongan City. Thesis Master of Study Program Islamic Education, Post-Graduate Program UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Counselor: (1) Dr. H. Slamet Untung, M.Ag. (2) Dr. Hj. Susminingsih, M.Ag. Learning media is a means of supporting the learning process so that students can receive learning material well. The use of learning media needs to be managed properly, especially when unwanted situations occur, for example the Covid-19 pandemic. The Covid19 pandemic has resulted in significant changes to the learning system, but madrasah still have the responsibility that teaching and learning activities must continue. How can Islamic religious education teachers convey subject matter effectively while students are prohibited from going to madrasah?. Submission of material only through photo media resulted in a decrease in students' learning motivation because they had difficulty understanding the material. Finally, the YouTube video was chosen as a medium for delivering Islamic Religious Education subject matter. The formulation of this research problem are: 1. How is the management of the use of Youtube video-based PAI learning media at MI NU Buaran, Pekalongan City? 2. How is the description of the PAI learning videos contained in the MI NU Buaran Pekalongan City Youtube Channel? 3. What are the supporting and inhibiting factors for using Youtube video-based PAI learning media at MI NU Buaran, Pekalongan City. The research objectives are: To describe the activities of PAI teachers at MINU Buaran in managing the use of YouTube video-based learning media.. To describe the PAI learning videos contained on the MI NU Buaran Youtube Channel, Pekalongan City and to find out the relevance of video content when used in learning activities that are already running normally. To describe the supporting factors and inhibiting factors in the management of the use of Youtube video-based PAI learning media at MI NU Buaran, Pekalongan City. This study uses a qualitative approach and includes field research. descriptive. The data collection is interviews, observation and documentation. The data analysis uses the theory from Miles, Huberman and Sadana, namely data condensation, data presentation, and drawing conclusions. The data analysis uses the theory from Miles, Huberman and Saldana, namely data condensation, data display, and drawing conclusions/ verification. This research produces findings : (1) management of the use of YouTube video-based PAI learning media at MI NU Buaran, Pekalongan City : (1) Learning planning has been carried out properly (2) Learning organizing has been carried out properly (3) Learning actuating planning has been carried out properly (4) Learning evaluation has been carried out properly. There are 92 PAI learning videos on the MI NU Buaran Pekalongan Youtube channel. The video was produced by the teacher at the school. 86 videos are still relevant and can be used as media and learning resources. The video content is very interesting because it uses a variety of methods so that it can increase student motivation. Supporting factors: 1. Competent human resources 2. Availability of facilities and infrastructure to make videos. Obstacle factors: 1. Lack of facilities and infrastructure to watch videos. 2. Busy parents 3. Limitations of teacher creativity
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Manajemen, Media Pembelajaran, Rumpun Pendidikan Agama Islam Keywords : Management, Learning Media, Islamic Religious Education Group. | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Ari Sugeng | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Dec 2023 08:26 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Dec 2023 08:37 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6160 |
Actions (login required)
View Item |