Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Shalat Pada Siswa Difabel Di Lembaga Pendidikan Khusus Al Ittihad Desa Tembok Banjaran Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tega

Mufti, Mukhamad (2022) Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Shalat Pada Siswa Difabel Di Lembaga Pendidikan Khusus Al Ittihad Desa Tembok Banjaran Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tega. Masters thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
5220037-Bab1&5.pdf

Download (5MB)
[img] Text
5220037-Fulltext.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Mukhamad Mufti NIM 5220037 Juli 2022. Judul Penelitian: “Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Shalat Pada Siswa Difabel Di Lembaga Pendidikan Khusus Al Ittihad Desa Tembok Banjaran Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal”. Pascasarjana Prodi PAI UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing: Dr. Slamet Untung, M.Ag dan Dr. Ahmad Taufiq, M.Pd.I. Sekolah khusus adalah sekolah yang menampung anak berkebutuhan khusus yaitu anak yang memiliki ke hususan daan harus di tangani sesuai dengan ke khususannya, seperti difabel atau disabilitasyaitu tuna rungu, tuna grahita, tuna laras dan tuna daksa. Di lembaga pendidikan khusus Al-Ittihad menampung siswa tuna daksa. Dan di pendidikan khusus Al-Ittihad mnerapkan shalat pada siswa difabel dengan metode demonstrasi. Dari uraian diatas, permasalahan yang dapat dirumuskan antara lain: 1.) Bagaimana Proses Pembelajaran Shalat pada Siswa difabel di lembaga Khusus Al-Ittihad desa Tembok Banjaran Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal, 2.) Bagaimana manfaat demontrasi terhadap pembelajaran shalat pada siswa difabel di Lembaga Pendidikan Khusus Al-ttihad Desa Tembok Banjaran Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal, 3.) Bagaimana hasil yang dicapai dari pembelajaran shalat pada siswa difabel di Lembaga Pendidikan Khusus Alttihad Desa Tembok Banjaran Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui proses pembelajaran shalat pada siswa difabel, untuk menganalisis manfaat metode demontrasi dalam pembalajaran sholat siswa difabel, dan untuk mengetahui tingkat pecapaiaan pembalajaran shalat pada siswa siswa difabel. Dalam penelitian ini, peneliti menggunkan enelitian lapangan (field research) dengan sumber data primer dan skunder memalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) metode mengajar PAI yang diberikan di Lembaga Pendidikan Khusus Al Ittihad Desa Tembok Banjaran Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal sama dengan metode mengajar yang diberikan pada sekolah-sekolah anak normal, walaupun demonstrasi yang sudah biasa digunakan guru PAI dalam sehariharinya sudah diterapkan dengan maksimal namun latar belakang peserta didik dari segi agama sekeluarga, sehingga mempengaruhi hasil pembelajaran. (2) hasil dari metode pembelajaran PAI yang diperoleh peserta didik masih dalam kategori maksimal dikarenakan keadaan peserta didik dan variasi yang digunakan guru PAI adalah metode demonstrasi. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Shalat, Anak Berkebutuhan Khusus (Tunadaksa, Tunarungu)

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
AuthorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
AuthorTaufiq, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Shalat, Anak Berkebutuhan Khusus (Tunadaksa, Tunarungu)
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 15 Dec 2023 01:19
Last Modified: 15 Dec 2023 01:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6166

Actions (login required)

View Item View Item