Qonita, Rifatul (2023) Strategi majelis taklim nurul amin dalam menumbuhkan nilai pendidikan islam bagi remaja desa Denasri Kulon Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2119239_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2119239_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran majelis taklim dalam menumbuhkan nilai pendidikan Islam di tengah masyarakat terutama di kalangan remaja. Remaja di Desa Denasri Kulon Kabupaten Batang kurang dalam pengetahuan pendidikan Islam, seperti kurangnya adab sopan santun, dan lalai dalam menjalankan salat. Padahal, pengetahuan pendidikan Islam merupakan pondasi penting keimanan agar para remaja nantinya tidak salah dalam menghadapi masa yang akan datang. Dalam hal ini pendidikan Islam sangat penting untuk diterapkan di kalangan remaja Desa Denasri Kulon. Majelis Taklim Nurul Amin merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam nonformal, yang dapat mengambil menumbuhkan nilai pendidikan Islam bagi remaja Desa Denasri Kulon Batang. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah pertama, bagaimana strategi Majelis Taklim Nurul Amin dalam menumbuhkan nilai pendidikan Islam bagi remaja Desa Denasri Kulon Kabupaten Batang? Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh Majelis Taklim Nurul Amin dalam menumbuhkan nilai pendidikan Islam bagi remaja Desa Denasri Kulon Kabupaten Batang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan mendeskripsikan mengenai strategi Majelis Taklim Nurul Amin dalam menumbuhkan nilai pendidikan Islam bagi remaja Desa Denasri Kulon Kabupaten Batang. Serta, apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat menumbuhkan nilai pendidikan Islam bagi remaja Desa Denasri Kulon Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini antara lain, dua pengajar Majelis Taklim Nurul Amin. Serta, dua anak didik (remaja) Desa Denasri Kulon. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah nilai-nilai pendidikan Islam yang diajarkan oleh Majelis Taklim Nurul Amin yaitu nilai akhlak, nilai ibadah, nilai akidah. Dalam penerapan nilai-nilai pendidikan Islam ini Majelis Taklim Nurul Amin menerapkan strategi berupa, yaitu integrasi dengan mata pelajaran, pengembangan diri, pembiasan, pemberian keteladanan, konseling, menjadi pengasuh yang berkompeten. Sedangkan yang menjadi faktor pendukung dalam penerapan pendidikan Islam tersebut, yaitu adanya dukungan keluarga, lingkungan yang mendukung, semangat dari diri remaja, sudah tersedianya sarana dan prasarana yang memadai. Serta, yang menjadi faktor penghambatnya yaitu kurangnya kedislipinan anak didik, timbulnya rasa malas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi majelis taklim, menumbuhkan nilai pendidikan islam, remaja desa | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Dec 2023 07:18 | ||||||||
Last Modified: | 13 Feb 2024 03:48 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6225 |
Actions (login required)
View Item |