Persepsi guru pendidikan agama islam terhadap implementasi kurikulum merdeka belajar pada siswa kelas VII Di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan

Aeni, Nurul (2023) Persepsi guru pendidikan agama islam terhadap implementasi kurikulum merdeka belajar pada siswa kelas VII Di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120310_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2120310_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Kurikulum merdeka belajar merupakan bentuk inisiatif pemerintah untuk memperbarui dan meningkatkan sistem pendidikan di Indonesia. Kurikulum merdeka belejar sebagai sebuah konsep pembelajaran yang baru tentu saja memiliki persepsi yang berbeda-beda di kalangan guru, termasuk guru pendidikan agama Islam. Dengan ini peneliti menggali bagaimana persepsi guru pendidikan agama Islam terhadap implementasi kurikulum merdeka belajar pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan persepsi guru pendidikan agama Islam terhadap implementasi kurikulum merdeka belajar pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan. 2) mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Jenis penelitan ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data penelitiannya yaitu sumber data primer yang diambil dari kepala sekolah, waka kurikulum, tiga guru pendidikan agama Islam, dan tiga siswa, serta sumber data sekunder yang diperoleh dari dokumentasi dan arsip seperti jurnal, skripsi, dan tesis. Analisis yang digunakan melalui menyederhanakan data atau memfokuskan pada hal-hal yang penting, menyajikan data supaya dapat dipahami, dan verifikasi data atau menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, guru pendidikan agama Islam memiliki persepsi yang positif terhadap implementasi kurikulum merdeka belajar pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan. Kedua, implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan sudah berjalan dengan baik. Dalam implementasi kurikulum merdeka belajar, guru Pendidikan Agama Islam melakukan tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMutammam, MutammamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi, implementasi, kurikulum merdeka belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Dec 2023 08:06
Last Modified: 12 Feb 2024 03:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6239

Actions (login required)

View Item View Item