Upaya guru dalam melakukan pembiasaan pengucapan kata maaf, tolong, dan terimakasih pada siswa kelas I di SD Negeri Watuagung Kabupaten Semarang

Putri, Mariska Ninda (2023) Upaya guru dalam melakukan pembiasaan pengucapan kata maaf, tolong, dan terimakasih pada siswa kelas I di SD Negeri Watuagung Kabupaten Semarang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2318163 MARISKA NINDA PUTRI BAB I-V.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
2318163 MARISKA NINDA PUTRI FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Upaya guru kelas sangatlah penting dalam memperbaiki akhlak siswa, guna menyiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia untuk mensejahterakan masyarakat, kemajuan Negara dan bangsa. Disamping itu guru juga dituntut untuk profesionalisme dalam membentuk akhlak siswa contohnya untuk selalu sopan santun dengan siapapun. Selain itu upaya guru disekolah sangat baik untuk membentuk karakter siswa dengan cara selalu memberikan nasihat kebaikan agar siswanya senatiasa mengucapkan 3 kata ajaib (maaf, tolong, dan terimakasih). Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana upaya guru dalam melakukan pembiasaan pengucapan kata maaf tolong dan terimakasih pada siswa kelas I di SD Negeri Watuagung Kabupaten Semarang? 2) apa saja hambatan dan solusi guru dalam pembiasaan pengucapan kata maaf tolong dan terimakasih pada siswa kelas I di SD Negeri Watuagung Kabupaten Semarang?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan upaya guru kelas dalam pembiasaan pengucapan kata maaf tolong dan terimakasih pada siswa kelas I di SD Negeri Watuagung Kabupaten Semarang. 2) untuk mengetahui apa saja hambatan dan solusi guru dalam pembiasaan pengucapan kata maaf tolong dan terimakasih. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pendekatan kualitatif deskriptif adalah rumusan maalah yang memandu penelitian untuk mengeksplorasi atau memotret situasi sosial yang akan diteliti secara menyeluruh, luas dan mendalam. Untuk data yang diperoleh dibagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Selanjutnya untuk metode pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Upaya guru dalam pembiasaan pengucapan kata maaf tolong dan terimakasih pada siswa kelas I di SD Negeri Watuagung ada kesamaan dalam tujuan sekolah diantaranya dapat mengamakan ajaran agama dari proses pembelajaran dan kegiatan pembelajaran. Hasil observasi yang didapat antara lain: 1) keteladanan guru 2) Internalisasi melalui nyanyian 3) pemberian nasihat. Hambatan dalam upaya guru adalah 1) pengaruh tidak baik dari teman 2) orangtua yang tidak menjadi teladan 3) kondisi lingkungan. Solusi dari upaya tersebut adalah 1) memberikan pilihan baik, konsekuensinya baik. Atau berbuat burut konsekuensinya buruk 2) komunikasi kepada orangtua untuk memberikan dukungan kepada program sekolah 3) membangun kerjasama antara wali kelas dan wali murid guna membangun lingkungan yang baik bagi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGhany H, HafidzahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya guru, karakter sopan santun, pembiasaan pengucapan kata maaf tolong dan terimakasih, peserta didik
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 18 Dec 2023 08:08
Last Modified: 18 Dec 2023 08:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6259

Actions (login required)

View Item View Item