Muna, Nailal (2023) Penguatan Pendidikan Agama Islam melalui Pembelajaran Praktik Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di SD Islam Unggul YMI Wonopringgo. Masters thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
5221014-Bab1&7.pdf Download (6MB) |
|
Text
5221014-Fulltext.pdf Download (7MB) |
Abstract
Nailal Muna, 2023, Penguatan Pendidikan Agama Islam melalui Pembelajaran Praktik Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di SD Islam Unggul YMI Wonopringgo. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing : (I) Dr. Hj. Sopiah, M.Ag. dan (II) Dr. Taufiqur Rohman, M.Sy. Kata Kunci : Penguatan PAI, Praktik Keagamaan, Karakter Religius Siswa. Latar belakang penulisan tesis ini yaitu kondisi keagamaan siswa yang rendah, penurunan ualitas dan kuantitas sekolah, serta kejenuhan siswa dengan banyaknya materi agama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pendidikan agama Islam dan karakter religius siswa di SD Islam Unggul YMI Wonopringgo? Bagaimana penguatan pendidikan agama Islam melalui pembelajaran praktik keagamaan dalam membentuk karakter religius siswa di SD Islam Unggul YMI Wonopringgo? Mengapa harus dilakukan penguatan pendidikan agama Islam melalui pembelajaran praktik keagamaan di SD Islam Unggul YMI Wonopringgo? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menelaah pendidikan agama Islam dan karakter religius siswa di SD Islam Unggul YMI Wonopringgo. Untuk menganalisis penguatan pendidikan agama Islam melalui pembelajaran praktik keagamaan dalam membentuk karakter religius siswa di SD Islam Unggul YMI Wonopringgo. Untuk menganalisis mengapa harus dilakukan penguatan pendidikan agama Islam melalui pembelajaran praktik keagamaan di SD Islam Unggul YMI Wonopringgo. Penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pendidikan agama Islam dan karakter religius siswa di SD Islam Unggul YMI Wonopringgo yang awalnya masih rendah, dengan embelajaran praktik keagamaan akhirnya dapat teratasi dan saat ini sudah dapat dikatakan baik. Penguatan pendidikan agama Islam melalui pembelajaran praktik keagamaan dalam membentuk karakter religius siswa di SD Islam Unggul YMI Wonopringgo dapat dikatakan sudah baik dan benar. Hasil dari pembelajaran praktik keagamaan ini sangat terasa dalam aktivitas sehari-hari siswa. Siswa tidak bosan dengan pembelajaran yang monoton dan yang terpenting karakter religius siswa sudah mulai terbentuk
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Penguatan PAI, Praktik Keagamaan, Karakter Religius Siswa. | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Asefuddin Riza | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 Dec 2023 02:50 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Dec 2023 02:50 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6283 |
Actions (login required)
View Item |