Alfiyana Izzatir, Rofi’ah (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Sistem Organ Tubuh Manusia Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Kebonrowopucang. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
5320007-Bab1&5.pdf Download (20MB) |
|
Text
5320007-Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (24MB) |
Abstract
Media pembelajaran khususnya pada pembelajaran IPA dianggap mampu dalam meningkatkan pengetahuan serta pemahaman konsep dalam pembelajaran IPA. Di Madrasah Ibtidaiyah Kebonrowopucang, media pembelajaran memang sudah digunakan, namun terdapat kekurangan dimana siswa mengalami kesulitan dalam pengenalan organ tubuh manusia karena organ-organ tersebut terletak di dalam tubuh manusia sehingga tidak dapat diamati secara langsung. Selain itu, siswa biasanya juga menemui kesulitan saat menjelaskan proses-proses yang berlangsung pada tubuh manusia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana pembelajaran IPA materi sistem organ manusia di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Kebonrowopucang? 2. Bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk pembelajaran IPA materi sistem organ tubuh manusia pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Kebonrowopucang? 3. Bagaimana efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis android untuk pembelajaran IPA materi sistem organ tubuh manusia pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Kebonrowopucang? Tujuan penelitian ini adalah 1. Mendeskripsikan pembelajaran IPA materi sistem organ tubuh manusia di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Kebonrowopucang 2. Mengembangkan media pembelajaran sistem organ tubuh manusia berbasis android untuk kelas V Madrasah Ibtidaiyah Kebonrowopucang.3. Menganalisis efektivitas penggunaan media pembelajarannya di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Kebonrowopucang. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Responden penelitian yaitu seluruh siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Kebonrowopucang yang berjumlah 43 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, pengisian kuesioner dan tes tulis. Teknik analisis data yang digunakan mencakup analisis kuantitatif presentase untuk menghitung validitas media pembelajaran dan analisis uji n-gain untuk menguji efektivitasnya. Hasil uji validitas produk oleh ahli materi dan ahli media masing-masing mendapat skor 95%, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan bernilai valid dengan kategori sangat baik. Dari uji efektivitas produk, didapatkan n-gains score sebesar 0,85 atau ≥ 0.7 yang artinya termasuk dalam kriteria efektivitas tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Android, Sistem Organ Tubuh Manusia. | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 Dec 2023 03:43 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Dec 2023 03:43 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6288 |
Actions (login required)
View Item |