Khikmah, Risnatul (2015) Pelaksanaan pembelajaran Tahfizul Qur'an di SMP-IT Assalaam Boarding School Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Text
2021110374 RISNATUL KHIKMAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (10MB) |
|
Text
2021110374 RISNATUL KHIKMAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (19MB) |
Abstract
Khikmah, Risnatul. 2015. Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidzul Quran di SMP-IT Assalaam Boarding School Pekalongan. Skripsi Jurusan/Program Studi: Tarbiyah/S Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pernbimbing: Dr. M. Sugeng Sholahuddin, M.Ag. Kata kunci: pembelajaran, tahfizl Quran Umat Islam pada dasarnya tetap berkewajiban untuk secara riil dan konsekuen berusaha memelihara Alquran. Salah satu usaha nyata dalam proses pemeliharaan kemurnian Alquran itu dengan cara menghafalkannya. Di Pekalongan sendiri terdapat lembaga pendidikan yang memberikan perhatian khusus terhadap penghafalan Alquran. SMP-IT Assalaam merupakan salah satu lembaga pendidikan setingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berbasis Pondok Pesantren Tahfidzul Quran. Lembaga pendidikan ini memadukan sistem pendidikan salafiah (tradisional) dengan sistem pendidikan modern yang berkembang saat ini. Penelitian ini mempunyai dua rumusan masalah yaitu bagaimana pelaksanaan pembelajaran tahfizl Quran di SMP-IT Assalaam Boarding School Pekalongan? Dan apa yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran tahfizul Quran di SMP-IT Assalaam Boarding School Pekalongan? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tahfizul Quran di SMPIT Assalaam Boarding School Pekalongan; untuk mengetahui faktor yang rnendukung dan menghambat dalam pelaksanaan pembelajaran tahfizul Quran di SMPIT Assalaam Boarding School Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian lapangan. Metode yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman. I Hasil penelitian ini adalah waktu pelaksanaan pembelajaran tahfiz Quran yang terjadwal secara reguler yaitu ada 4 kali waktu pertemuan dalam sehari dan waktu lain. Pelaksanaan pembelajaran tahfiz Quran ini meliputi ~juan, metode, materi, sumber/media, dan evaluasi. Proses pembelajarannya meliputi dibuka dengan salam, doa, muroja'ah/motivasi/cerita-cerita, antri maju untuk setoran hafalan, ditutup dengan doa dan salam penutup. Walaupun dalam pembelajaran tahfiz Quran ini belum ada RPP, namun pembelajaran ini dinilai sudah berjalan dengan cukup lancar. Faktor yang mendukung dari dalam adalah semangat santri dalam menghafal tinggi. Sedangkan faktor yang mendukung dari luar adalah tahfiz Alquran sudah menjadi rutinitas sehari-hari, tersedianya waktu tahfiz, pengaruh teman tahfiz, motivasi/dukungan dari guru tahfiz, dan dukungan penuh dari keluarga. Sedangkan faktor yang menghambat dari dalam adalah ketidakdisiplinan anak, faktor malas dan mood santri, dan belum tertanamnya kesadaran untuk menjaga hafalan. Faktor yang menghambat dari luar beban mata pelajaran yang banyak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, tahfizl Quran | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Rizi Jawani | ||||||||
Date Deposited: | 03 Jan 2024 10:07 | ||||||||
Last Modified: | 03 Jan 2024 10:07 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6480 |
Actions (login required)
View Item |