Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Android menggunakan MIT App Inventor pada pokok bahasan statistika siswa kelas X SMA Negeri 1 Kedungwuni

Karima, Dewi (2023) Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Android menggunakan MIT App Inventor pada pokok bahasan statistika siswa kelas X SMA Negeri 1 Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2619024_Bab I dan Bab V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2619024_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis android menggunakan MIT App Inventor pada pokok bahasan statistika ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa SMA Negeri 1 Kedungwuni yang menganggap bahwa mata pelajaran matematika itu sulit dan membosankan. Salah satunya pada materi statistika. Masih banyak siswa yang merasa kesulitan dalam memahami rumus-rumus yang ada dalam materi statistika. Seiring perkembangan teknologi dan informasi pengembangan media pembelajaran berbasis android dirasa perlu untuk menarik siswa dalam mempelajari matematika. Semakin banyaknya siswa yang memiliki dan menggunakan smartphone maka semakin besar pula peluang penggunaan perangkat teknologi dalam dunia pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android, kevalidan dan kepraktisan serta keefektifan pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android menggunakan MIT App Inventor pada pokok bahasan statistika siswa kelas X SMA Negeri 1 Kedungwuni. Tujuannya untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran berbasis android menggunakan MIT App Inventor pada pokok bahasan statistika yang valid, praktis, dan efektif. Produk diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa untuk belajar dimanapun dan kapanpun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) dan menerapkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media dan materi bahwa media pembelajaran matematika berbasis android dinyatakan “valid” oleh ahli media dengan skor rata-rata 77,85% dan dinyatakan “sangat valid” dengan perolehan skor rata-rata 88% oleh ahli materi. Berdasarkan hasil angket respon siswa tingkat kepraktisan media pembelajaran matematika berbasis android menggunakan MIT App Inventor dinyatakan “praktis” dengan perolehan skor rata-rata 79,43%. Berdasarkan hasil keefektifan, tes hasil belajar siswa memperoleh nilai persentase sebesar 80,76% sehingga dari hasil persentase tersebut produk dinyatakan “efektif”.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMajid, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Media Pembelajaran, Android, MIT App Inventor, Statistika
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 27 Dec 2023 04:48
Last Modified: 27 Dec 2023 04:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6483

Actions (login required)

View Item View Item