Pengaruh model pembelajaran WEE (Wondering, Exploring, Explaining) berbasis QSH (Question Student Have) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan berpikir matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tirto

Safitri, Nila (2023) Pengaruh model pembelajaran WEE (Wondering, Exploring, Explaining) berbasis QSH (Question Student Have) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan berpikir matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tirto. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2619020_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2619020_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dalam mengikuti pembelajaran matematika di kelas siswa dituntut untuk memiliki kemampuan dasar yang mumpuni agar dapat mengikuti alur pembelajaran dengan baik. Diantara kemampuan tersebut adalah kemampuan pemahaman konsep dan berpikir matematis. Namun pada kenyataannya kemampuan siswa SMP Negeri 1 Tirto dalam pemahaman konsep dan berpikir matematis terbukti rendah. Hal ini didasarkan pada penggunaan model pembelajaran sehingga proses jalannya pembelajaran kurang optimal. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan variasi model pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran WEE berbasis QSH terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran WEE berbasis QSH terhadap peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa, dan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran WEE berbasis QSH terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dan berpikir matematis siswa SMP Negeri 1 Tirto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi experimental dengan metode purposive sampling. Responden dalam penelitian ini berjumlah 257 siswa dan sampel berjumlah 70 siswa. Adapun metode pengumpulan data berupa tes uraian sebanyak 5 soal dan angket skala likert dengan rentang 1-4 yang berjumlah 16 pernyataan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran WEE berbasis QSH terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan nilai F sebesar 8,335 dan signifikansi 0,005, terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran WEE berbasis QSH terhadap peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 TIRTO dengan nilai F sebesar 11,335 dan signifikansi 0,001, terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran WEE berbasis QSH terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir matematis siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tirto dengan nilai signifikansi 0,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMahmudah, UmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: WEE (Wondering, Exploring, Explaining), QSH (Question Student Have), Kemampuan Pemahaman Konsep, Berpikir Matematis
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 27 Dec 2023 05:52
Last Modified: 27 Dec 2023 05:52
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6485

Actions (login required)

View Item View Item