Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan pembelajaran PAI di SMP N 1 Wonopringgo

YULIA RAHMAN, FAJARWATI (2014) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan pembelajaran PAI di SMP N 1 Wonopringgo. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021110375 FAJARWATI YULIA RAHMAN BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (6MB)
[img] Text
2021110375 FAJARWATI YULIA RAHMAN FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Fajarwati, Yulia Rahman.2014. Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Pembelajaran PAI di SMP N lWonopringgo. Skripsi Program Studi Jurusan Tarbiyah, Pendidikan Agama Islam, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PEKALONGAN. Pembimbing : Dr. Imam Suraji, M. Ag Kata Kunci: Upaya Kepala Sekolah, Pembelajaran PAI Pembelajaran rnerupakan proses yang kompleks yang di dalamnya mencakup proses/kegiatan belajar dan kegiatan mengajar. Kegiatan belajar terutama terjadi pada siswa dengna segala aktivitasnya dalam proses pembelajaran, sedangkan kegiatan mengajar diperankan oleh guru atau dosen dalam perannya sebagai fasilitator proses pembelajaran. Oleh karena itu kualitas proses pembelajaran dan hasil pembelajaran ditentukan oleh kuaitas interaksi dalam proses tersebut. Untuk itu perlu ada nya suatu peningkatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sempuma. Selain guru seseorang yang berperan penting dalarn suatu prose peningkatan pembelajaran adalah kepas sekolah. Di mana kepala sekolah merupakan guru yang mempunyai kemampuan untuk memimpin segala sumber daya yang ada pada suatu sekolah sehingga dapat didayagunakan secara maksimal untuk mencapai tujuan bersama. Permasalahan dalam skripsi ini meliputi : bagaimana pembelajaran PAI yang ada di SMP N 1 Wonopringgo, bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan pembelajaran PAI di SMP N 1 Wonopringgo dan faktor pendukung dan faktor penghambat upaya kepala sekolah dalam meningkatkan pembelajaran PAI di SMPN 1 Wonopringgo. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan upaya kepala dalam meningkatkan pembelajaran PAI di SMP N 1 Wonopringgo dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang mendukung dan rnenghambat upaya kepala sekolah dalam meningkatkan pembelajaran PAI di SMP N 1 Wonopringgo. Kegunaan penelitian ini secraa teoritis yaitu untuk memperluas wacana serta pengembangan ilmu pengetahuan, kbususnya di bidang profesionalisme kepala sekolah dan seluruh akdemikan sekolah. Kegunaan secraa praktis yaitu untuk mengoptimakan dan penyempurnaan kinerja kepala sekolah dan kegunaan bagi peneliti dan pembaca sebagai tambahan pengetahuan dan wawasan pengalaman yang luas bagi peneliti dan pembaca. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif induktif.Menggunakan teori Miles and Huberman (1984), mengemukakan bahwa aktifitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Aktifitas dalam analisis data, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verivication. vii Hasil penelitian ini menunjukan pembelajaran PAI yang ada di SMP N 1 Wonopringgosudah menggunakan kurikulum 2013, kemudian upaya kepala sekolah dalam meningkatkan pembelajaran PAI di SMP N 1 Wonopringgo diantaranya melakukan pendampingan dan supervisi guru yang bekerja sama dengan pengawas bidang PAI, meningkatkan profesionalisme guru PAI, menyediakan sarana prasarana yang mendukung pembelajaran PAI dan mengimplementasikan pendidikan karakter dari program pembelajaran PAI. Faktoryang mendukungupaya kepala sekolah dibagi menjadi 2 yaitufaktorfisikdannonfisik.Faktor fisik meliputi gedung sekolah, sarana prasarana, pengaj ar/pendidik.Faktomonfisikmeliputikepemimpinan, kedisiplinan, pendidikandan SOM guru yang memadai, faktor penghambat antara lain Sarana dan prasarana yang terbatas, guru terkadang tidak mau jujur dengan permasalahan yang ada, guru belum memahami sepenuhnya kurikulum 2013, pelaksanaan MGMP sekolah belum sepenuhnya berjalan denganbaik, ketidak tersediaannya buku-buku kurikulum 2013 di sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSuraji, H. ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya Kepala Sekolah, Pembelajaran PAI
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X0.01 Karangan-karangan tentang Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 03 Jan 2024 10:07
Last Modified: 03 Jan 2024 10:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6505

Actions (login required)

View Item View Item