Yulfiana, Rizka (2023) Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca menggunakan media kartu kata bergambar siswa kelas 1 SDN Deles 01 Kecamatan Bawang Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text (Thesis)
2319180 RIZKA YULFIANA BAB I-V.pdf Download (17MB) |
|
Text (Thesis)
2319180 RIZKA YULFIANA FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media kartu kata bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 di SDN Deles 01. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam meningkatan kemampuan membaca menggunakan media kartu kata bergambar siswa kelas 1 SDN Deles 01. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan Mengenai Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Siswa Kelas 1 SDN Deles 01 Kecamatan Bawang Kabupaten Batang, (2) Menganalisis Faktor Pendukung Dan Faktor Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Siswa Kelas 1 SDN Deles 01 Kecamatan Bawang Kabupaten Batang. Jenis penelitan dalam skripsi ini berupa penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi: kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kata bergambar di SDN Deles 01Kecamatan Bawang Kabupaten Batang sudah digunakan dengan baik dan dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Kemudian ada 4 upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa menggunakan media kartu kata bergambar ada 4 upaya, yaitu (1) pemilihan gambar yang menarik (2) penggunaan media kartu kata bergambar disesuaikan dengan tema pembelajaran (3) permainan tebak kata dan gambar menggunakan media kartu kata bergambar (4) memberikan motivasi dan Reward. Selain itu, ada faktor yang menjadi pendukung upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca menggunakan media kartu kata bergambar, yaitu (1) guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan (2) minat belajar membaca siswa yang tinggi. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca menggunakan media kartu kata bergambar juga terdiri dari 3 faktor, yaitu (1) kemampuan siswa berbeda-beda dalan menerima pembelajaran (2) kondisikesehatan siswa yang terganggu (3) kurangnya kesadaran orang tua dalam mengajari anaknya membaca
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan membaca, media kartu kata bergambar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||
Date Deposited: | 28 Dec 2023 06:15 | ||||||||
Last Modified: | 04 Apr 2024 06:45 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6525 |
Actions (login required)
View Item |