Nilai-nilai pendidikan islam dalam novel Merantau ke Deli karya Hamka

Ichsan, Muhammad (2018) Nilai-nilai pendidikan islam dalam novel Merantau ke Deli karya Hamka. Masters thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Dalam penyampaian nilai-nilai pendidikan Islam ke Masyarakat oleh para Ulama dan kaum Cendekia, dilakukan dengan berbagai cara. Baik dilakukan secara terbuka melalui ceramah umum maupun khusus, yang dikemas secara singkat dan menarik. Ada pula yang dilakukan melalui pendidikan yang lebih formal, yang bersifat selektif dan terencana. Zaman telah berkembang, maka dalam penyampaiannya pun bervariasi ada yang melalui buku-buku pelajaran, majalah dan buku-buku agama dimana menggunakan bahasa yang baku. Hamka disamping menyampaikan lewat buku-buku dengan bahasa yang baku, ia juga membuat terobosan dalam menyampaikan pesan-pesan nilai pendidikan Islam melalui novel, dimana menggunakan bahasa mudah dipahami, ringan, dan cerita kehidupan yang sangat menarik. Salah satu nya adalah novel Merantau Ke Deli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam novel Marantau Ke Deli karya Hamka. Kajian utama dalam penelitian ini yaitu, 1. Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Merantau Ke Deli karya Hamka. 2. Nilai-nilai yang dapat diimplentasikan pada pendidikan Islam di Keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dan ”telaah dokumen” data yang digunakan terdiri dari primer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah content analyze (kajian isi) dengan deskripsi kualitatif. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut, a. Nilai pendidikan aqidah atau keimanan, b. Nilai pendidikan syari’ah meliputi, nilai pendidikan ketaatan, dan nilai pendidikan rajin beribadah, dan c. Nilai pendidikan akhlak yang meliputi, nilai pendidikan empati, nilai pendidikan saling menasehati, nilai pendidikan tradisi, nilai pendidikan kepedulian, nilai pendidikan keterbukaan, nilai pendidikan kepercayaan, nilai pendidikan tolong menolong, nilai pendidikan rendah hati, nilai pendidikan kesabaran, nilai pendidikan silaturahmi, nilai pendidikan toleransi, nilai pendidikan tanggung jawab, nilai pendidikan kejujuran, nilai pendidikan musyawarah, nilai pendidikan keikhlasan, nilai pendidikan kepasrahan, nilai pendidikan penghematan, dan nilai pendidikan saling memaafkan. Sedangkan nilai-nilai yang dapat diimplementasi dalam pendidikan Islam di Keluarga yaitu, semua nilai-nilai yang ditemukan dapat diimplementasikan, yang utama dan pertama kali adalah implementasi nilai pendidikan keimanan. Selanjutnya seiring dengan berkembangnya usia anak mulai diajarkan menerapkan nilai pendidikan syari’ah dan nilai pendidikan akhlak. Novel ini penuh dengan pesan nilai-nilai termasuk nilai-nilai pendidikan Islam. Sehingga diharapkan dengan membaca novel ini akan membuka pikiran dan kesadaran pembaca untuk bisa mengimplementasikannya dalam pendidikan Islam di Keluarga. . . In delivering the values of Islamic education to the community by theologian and intellectual, carried out in various ways. Both done openly through public and special lectures. Some are done through more formal education, which is selective and planned. New era, in conveying the value of Islamic education also varies there are through textbooks, religious magazines and books which use standard language. Hamka besides conveying through books with standard language, he also made a breakthrough in conveying the values of Islamic education through novels. where using language is easy to understand, light, and a very interesting life story. One of them is the novel Merantau Ke Deli. This research aims to determine the values of Islamic education contained in the novel Marantau Ke Deli by Hamka. The main study in this research is, 1. Describe the values of Islamic education contained in the novel Merantau Ke Deli by Hamka. 2. The values that can be implemented in Islamic education in the family. This research is a library research (library research) and "document review" data used consists of primary and secondary. The data analysis technique used in this research is content analyze with a qualitative description. This research produced the following findings, a. Value of aqidah or faith education, b. The value of syari'ah education includes, the value of obedience education, and the value of education diligently worshiping, and c. The value of moral education which includes, the value of empathy education, the value of education mutual advice, the value of traditional education (respecting customs), the value of caring education, the value of openness education, the value of trust education, the value of education to help each other, the value of humbleness education, the value of patience education, the value of relationship education, the value of tolerance education, the value of responsibility education, the value of honesty education, the value of deliberation education, the value of sincerity educational, the value of surrender education, the value of saving education, and the value of education forgives each other. While the values that can be implemented in Islamic education in the family are, all values found can be implemented, the main and first time is the implementation of the value of aqidah education. Furthermore, along with the growing age of children began to be taught to apply the value of syari'ah education and the value of moral education. This novel is full of messages of values including the values of Islamic education.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZawawi, ZawawiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSuraji, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: novel, nilai pendidikan Islam, Hamka novel, the value of Islamic education, Hamka
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 12 Jun 2020 04:51
Last Modified: 12 Jun 2020 04:51
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/659

Actions (login required)

View Item View Item