Peran Nahdlatul Ulama dalam pendidikan Civil Society (studi kasus di Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kecamatan Buaran Pekalongan)

Arief, M. Zaim (2016) Peran Nahdlatul Ulama dalam pendidikan Civil Society (studi kasus di Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kecamatan Buaran Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021210120 M. ZAIM ARIEF BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (24MB)
[img] Text
2021210120 M. ZAIM ARIEF BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (10MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Nahdlatul Ulama di Kecamatan Buaran ini merupakan salah satu basis organisasi keagamaan di Kabupaten Pekalongan, karena itu peneliti menjadikan Nahdlatul Ulama di Majlis Wakil Cabang Kecamatan Buaran sebagai subjek penelitian. Warga Buaran ini sendiri khususnya, menurut pengamatan peneliti ketika ada hajatan negara yaitu ketika ada PEMILU seringkali menjadi sasaran kampanye dengan mengatasnamakan calonnya sebagai warga Nahdliyiin dengan asumsi agar mendapat banyak suara dari warga Buaran yang mayoritasnya warganya adalah warga Nahdliyiin. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peran Nahdlatul Ulama di Majlis Wakil Cabang Kecamatan Buaran Pekalongan dalam pendidikan civil society? dan apa sajakah faktor pendukung dan juga hambatan Nahdlatul Ulama di Majlis Wakil Cabang Kecamatan Buaran Pekalongan dalam pendidikan civil society? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran Nahdlatul Ulama dalam pendidikan civil society khususnya di Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kecamatan Buaran Pekalongan ini direalisasikan dalam beberapa aspek diantaranya pemberdayaan dalam aspek sosial, ekonomi, politik dan pendidikan. Faktor yang mendukung adalah masih banyak figur sebagai panutan dan juga sektor ekonomi yang berkembang. Faktor yang menghambat antara lain dari dalam organisasi yaitu kurangnya rasa memiliki antar pengurus, ketergantungan pada badan otonom, perbedaan background pendidikan serta ekonomi diantara pengurus, dan keterbatasan sarana dan prasarana yang ada dalam mendukung program. Sedangkan faktor dari luar antara lain kurangnya respon dan proaktif masyarakat terhadap program yang dilaksanakan, serta perbedaan background pendidikan dan ekonomi di dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuhlisin, MuhlisinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nahdlatul Ulama, Pendidikan, Civil Society
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:18
Last Modified: 08 Jan 2024 04:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6637

Actions (login required)

View Item View Item