Strategi pembelajaran pendidikan agama islam pada program takhasus Madrasah lbtidaiyah Nahdhatul Ulama

Maulida, Hikmatul (2016) Strategi pembelajaran pendidikan agama islam pada program takhasus Madrasah lbtidaiyah Nahdhatul Ulama. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021112047 HIKMATUL MAULIDA BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
[img] Text
2021112047 HIKMATUL MAULIDA BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (11MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Nahdhatul Ulama Program Takhasus Buaran Pekalongan, adalah lembaga pendidikan Islam dibawah naungan LP Ma'arif NU yang menggabungkan Kurikulum Departemen Agama (Depag) dan Departemen Pendidikan Nasional (Diknas) dan pengembangan diri/ketrampilan dengan sistem Semi Full Day. Metode pembelajaran yang diterapkan melibatkan 2 guru sekaligus dalam satu kelas untuk membimbing siswanya. Ruang kelas yang dilengkapi dengan sarana prasarana yang mencukupi seperti LCD Proyektor dan Komputer. Wajib hafal juz ke 30. Selain itu bentuk kekhususannya adalah memunculkan sebuah program pembelajaran takhasus untuk anak di kalangan warga nahdliyin dengan mewujudkan kekhususan anak dibidang tahfidzul qur'an dan makhorijul huruf yang unggul. Rumusan masalah Dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi pembelajaran di Madrasah lbtidaiyah Nahdhatul Ulama Buaran, Bagaimana strategi pembelajaran pada Program Takhasus Madrasah Ibtidaiyah Nahdhatul Ulama Buaran dan apa faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Pendidikan Agama islam di Program Takhasus. Selanjutnya hasil dari penelitian ini adalah Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan oleh Madrasah Ibtidaiyah Nahdhatul Ulama Buaran secara Umum penggunaan strategi pembelajaran yang diterapkan adalah penggunaan strategi ekspositori. Sedangkan pada Program Takhasus strategi pembelajaran di Madrasah lbtidaiyah Nahdatul Ulama menggunakan Strategi Pembelajaran yang berbeda yakni strategi Konstektual, begitupula dalam bidang kurikulum terlebih pada Pendidikan Agama Islam, ada kurikulum tambahan yang dimasukkan yakni kurikulum PAI kepesantrenan. Dengan pendekatan menggunakan Student Centered Approach. Metode yang digunakan adalah Metode seperti Ceramah, Hafalan, Diskusi, Tanya Jawab, Audio Visual, dan Praktek. Dan faktor pendukung yakni adanya Peran aktif Orang tua, Peran aktifnya guru dengan kepala sekolah untuk melaksanakan pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya adalah Kurangnya Sarana dan Prasarana, Efisiensi waktu, yang dimaksudkan disini adalah kedisiplinan siswa, keterlambatan seorang siswa dalam calistung menjadikan kelas tidak efektif bagi siswa yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran dan Program Takhasus
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 10 Jan 2024 02:29
Last Modified: 10 Jan 2024 02:29
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6676

Actions (login required)

View Item View Item