Strategi meningkatkan loyalitas nasabah pada KSPPS madani Pekalongan

Munawaroh, Munawaroh (2017) Strategi meningkatkan loyalitas nasabah pada KSPPS madani Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
2012114059 MUNAWAROH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (6MB)
[img] Text
2012114059 MUNAWAROH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pada dasarnya loyalitas nasabah merupakan tuntutan yang harus dilakukan oleh setiap lembaga keuangan. Loyalitas nasabah adalah hasil penerimaan kepuasan nasabah. Untuk meningkatkan loyalitas nasabah dibutuhkan strategi yang dilakukan oleh pihak KSPPS misalnya dengan memberikan kepuasan terhadap pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi meningkatkan loyalitas nasabah di KSPPS Madani Pekalongan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pikiran bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam meningkatkan mutu belajar dan diharapakan dapat digunakan sebagai acuan penelitian berikutnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah loyalitas nasabah dan informan penelitian ini adalah bagian pembiayaan dan marketing serta nasabah di KSPPS Madani Pekalongan. Sumber data yang diperoleh berupa data primer dan data sekunder. Teknik penentuan informan dilakukan dengan teknik sampling purposive, metode pengumpulan data dengan observasi, interview, dokumentasi. Kredibilitasi informasi dan data menggunakan triangulasi, metode analisis data dengan analisis deskripsi. Temuan penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi yang digunakan oleh KSPPS Madani Pekalongan adalah dengan strategi kepuasan pelanggan dengan cara Relationship Marketing, Superior Customer Service dan menerapkan Quality Function Deployment (QFD) yang penerapan pemasarannya dengan strategi jemput bola. Adapun faktor pendukung loyalitas nasabah yaitu lokasi yang strategis dan pemasaran yang menggunakan strategi jemput bola. Untuk penghambat dalam meningkatkna loyalitas nasabah yaitu keterbatasan SDM, pengelolaan operasi yang belum maksimal, keterbatasan modal, dan adanya persaingan antar lembaga keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAsytuti, RindaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Loyalitas, dan Nasabah.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:24
Last Modified: 10 Jan 2024 03:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6679

Actions (login required)

View Item View Item