Pratama, Fariza Yogi (2024) Implementasi Program Tahsin Dalam Pembelajaran Bacaan Al-Qur'an Santri Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-Ien Di Desa Wangandowo Kec. Bojong Kab. Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.
Text
2120245_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2120245_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Fariza Yogi Pratama. 2120245. 2023. Implementasi Program Tah}sin Dalam Pembelajaran Bacaan Al-Qur'an Santri Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Kabupaten Pekalongan. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Dr. H. Ahmad Ubaedi Fathuddin, M.A. Kata Kunci : Program Tah}sin, Pembelajaran Bacaan al-Qur’an Al-Qur’an berbeda dengan buku bacaan atau kitab yang lainnya. Ketika salah dalam melafalkan huruf atau makhroj sudah jelas akan merubah kepada makna dan artinya. Maka dari itu diimplementasikanya program tah}sin ini agar santri lebih memperhatikan bacaan dari segi tajwid dan makhrojnya. Tah}sin sendiri artinya membaguskan yang berarti membaguskan bacaan al-Qur’an sesuai dengan tajwid, baik dari segi mahkhorijul h}uruf, sifat huruf, maupun keindahan bacaan. Adapun rumusan masalah penelitian ini, yaitu bagaimana perencanaan program tah}sin dalam pembelajaran bacaan al-Qur’an santri pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien? Bagaimana pelaksanaan program tah}sin dalam pembelajaran bacaan al-Qur’an santri pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien? Dan Bagaimana evaluasi program tah}sin dalam pembelajaran bacaan al- Qur’an santri pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien? Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi program tah}sin dalam pembelajaran bacaan al-Qur'an santri pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong kabupaten Pekalongan yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasinya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data primer penelitian ini adalah pengasuh, ustadz atau guru tah}}sin, dan santri pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien. Adapun data sekunder yang digunakan berupa buku, jurnal, dan hasil penelitian sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, menarik dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi program tahsin dalam pembelajaran bacaan al-Qur’an santri pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong kabupaten Pekalongan sudah berjalan sesuai tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Program Tah}sin, Pembelajaran Bacaan al-Qur’an | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2024 04:46 | ||||||||
Last Modified: | 10 Jan 2024 04:46 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6682 |
Actions (login required)
View Item |