Peran guru dalam penanaman nilai pendidikan karakter disiplin dan sopan santun terhadap siswa kelas V di MIS Simbang Kulon 01 Buaran Pekalongan

Ridwan, Muhammad (2023) Peran guru dalam penanaman nilai pendidikan karakter disiplin dan sopan santun terhadap siswa kelas V di MIS Simbang Kulon 01 Buaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2319179_MUHAMMAD RIDWAN BAB I-V.pdf

Download (9MB)
[img] Text (Thesis)
2319179_MUHAMMAD RIDWAN FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh masih terdapat siswa kelas V di MIS Simbang Kulon 01 Buaran Pekalongan yang belum memiliki nilai pendidikan karakter salah satunya karakter disiplin dan sopan santun seperti masih terdapat siswa yang datangnya terlambat tidak memperhatikan guru saat mengajar dan tidak mengunakan Bahasa yang sopan. Oleh sebab itu peneliti hendak melakukan penelitian di MIS Simbang Kulon 01 Buaran Pekalongan terkait peran guru dalam penanaman nilai pendidikan karakter disiplin dan sopan santun terhadap siswa kelas V. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran guru dalam penanaman nilai pendidikan karakter disiplin dan sopan santun siswa kelas V di MIS Simbang Kulon 01 Buaran Pekalongan. (2) Untuk menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam penanaman nilai pendidikan karakter disiplin dan sopan santun terhadap siswa kelas V di MIS Simbang Kulon 01 Buaran Pekalongan. Pendekatan penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Dengan jenis penelitian field research (lapangan). Sehingga dalam penelitian ini peneliti mendeskripsikan dan menginterprestasi peran guru dalam penanaman nilai pendidikan karakter disiplin dan sopan santun siswa kelas V di MIS Simbang Kulon 01 Kecamatan Buaran Kota Pekalongan. Sedangkan obyek penelitian adalah berupa obyek dilapangan yang sekiranya mampu memberikan informasi tentang kajian penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumtasi. Teknik analisis yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran guru dalam penanaman nilai pendidikan karakter disiplin dan sopan santun terhadap siswa kelas V yaitu sebagai educator, tutor, pemimpin, mentor, motivator, evaluator, dan juga sebagai tauladan. Dengan perannya tersebut sembari menanamkan karakter disiplin dan sopan santun terhadap peserta didik ketika pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penanaman nilai pendidikan karakter disiplin dan sopan santun pada peserta didik kelas V yaitu faktor pendukungnya adalah guru, orang tua, teman sebaya dan lingkungan sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kesibukan orang tua dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran guru, disiplin, sopan santun
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 11 Jan 2024 09:05
Last Modified: 11 Jan 2024 09:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6706

Actions (login required)

View Item View Item