Pengaruh Kualitas Pelayanan, Inovasi, dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi kasus di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekalongan)

Hidayat, Rafi (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Inovasi, dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi kasus di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4117353_COVER BAB 1 DAN 5_DP.pdf

Download (9MB)
[img] Text
4117353_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perkembangan dunia bisnis yang semakin kompetitif menuntut organisasi untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan guna mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. BPJS Ketenagakerjaan sebagai lembaga pelayanan jaminan sosial di Indonesia, khususnya di Cabang Pekalongan, juga menghadapi tantangan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk memahami sejauh mana kualitas pelayanan, inovasi produk, dan kepuasan pelanggan berkontribusi terhadap loyalitas pelanggan di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, inovasi, dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, khususnya di Cabang Pekalongan. Penelitian ini dilakukan untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi tingkat loyalitas pelanggan terhadap layanan BPJS Ketenagakerjaan Metode penelitian yang digunakan menggunakan Kualitas Pelayanan, Inovasi dan Kepercayaan sebagai faktor yang dapat mempengaruhi Loyalitas Pelanggan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dimana data yang digunakan untuk penelitian didapat melalui survei dengan menyebarkan kuesioner kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan yang merupakan nasabah di Cabang Pekalongan. Penelitian ini menggunakan uji deskriptif, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan mempunyai pengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan, variabel Inovasi mempunyai pengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan, variabel Kepuasan tidak mempunyai pengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan, serta secara simultan variabel Kualitas Pelayanan, Inovasi, dan Kepuasan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSafi'i, Muhammad ArisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Inovasi, Kepuasan, Loyalitas Pelanggan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 14 Mar 2024 04:17
Last Modified: 14 Mar 2024 04:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6722

Actions (login required)

View Item View Item