Kepuasan nasabah terhadap produk pembiayaan qardhul hasan pada KSPPS BMT An-Najah Wiradesa

Syakarine, Nurikko Aulya Alfu (2017) Kepuasan nasabah terhadap produk pembiayaan qardhul hasan pada KSPPS BMT An-Najah Wiradesa. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
2012114095 NURIKKO AULYA ALFU SYAKARIN BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (9MB)
[img] Text
2012114095 NURIKKO AULYA ALFU SYAKARIN BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pada dasarnya kepuasan konsumen mencakup perbedaan antara tingkat kepentingan dan kinerja atau hasil yang dirasakan. Dalam persaingan global seperti saat ini, pelayanan adalah hal mutlak dan bagaimana menciptakan nilai bagi pelanggan dan bisa membangun loyalitas, karena loyalitas berkaitan dengan kepuasan nasabah dan bisa mempengaruhi emosi dari pelanggan tersebut. Agar nasabah dan calon nasabah merasa puas karena pelayanan yang diberikan kepadanya sehingga nasabah aakan tetap setia untuk menjadi nasabahnya. Dari latar belakang tersebut peneliti sangat berminat untuk melakukan penelitian di KSPPS BMT An-Najah Wiradesa. Berdasarkan data yang ada, bahwa permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana kepuasan nasabah terhadap produk pembiayaan qardhul hasan pada KSPPS BMT An-Najah Wiradesa. Tujuan penulis dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan nasabah terhadap produk pembiayaan qardhul hasan pada KSPPS BMT An-Najah Wiradesa Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yang data- datanya diperoleh langsung dari KSPPS BMT An-Najah Dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis per faktor dan analisis statistik deskriptif. Dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa kepuasan nasabah terhadap produk pembiayaan qardhul hasan dari 30 responden diperoleh hasil sebagai berikut: aspek kualitas pelayanan sebesar 4,35, aspek kualitas produk sebesar 4,28, aspek empati sebesar 4,27, aspek biaya sebesar 4,37. Dan aspek yang memiliki nilai kepuasan nasabah terhadap produk pembiayaan qardhul hasan pada KSPPS BMT An-Najah Wiradesa adalah aspek biaya yaitu sebesar 4,37 dan aspek kualitas pelayanan sebesar 4,35 atau. Nilai tersebut diperoleh dari rata-rata nilai yang diberikan oleh nasabah terhadap biaya KSPPS BMT An-Najah Wiradesa terhadap produk pembiayaan qardhul hasan dan dari rata-rata nilai yang diberikan olch nasabah terhadap tingkat kualitas pelayanan yang baik pada KSPPS BMT An-Najah Wiradesa, hal ini dikarenakan responden merasa senang dan nyaman apabila melakukan transaksi pembiayaan qardhul hasan memperoleh pelayanan yang memuaskan, cepat, dan mudah dari KSPPS BMT An-Najah Wiradesa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHamid, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Faktor Kepuasan Nasabah, Pembiayaan Qardhul Hasan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 15 Jan 2024 08:20
Last Modified: 15 Jan 2024 08:20
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6725

Actions (login required)

View Item View Item