Implementasi Pendekatan Cooperative Learning Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Anak Usia Dini Di Tk Negeri Pembina Ulujami Pemalang

Sari, Mela Indra (2024) Implementasi Pendekatan Cooperative Learning Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Anak Usia Dini Di Tk Negeri Pembina Ulujami Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2420087_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2420087_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas. Model pembelajran yang diterapkan di TK Negeri Pembina Ulujami Pemalang yaitu model pembelajaran kelompok (cooperative learning). Model pembelajaran kelompok (cooperative learning) merupakan suatu pola pembelajaran yang berbentuk kelompok-kelompok kecil dan anak kerjasama dengan teman satu kelompok dalam memahami materi pembelajaran. Dengan menggunakan model pembelajaran kelompok (cooperative learning) ini salah satu strategi untuk membentuk tanggung jawab anak. Dengan berbagai kegiatan yang disiapkan dalam tiap kelompok, anak akan bisa bertanggung jawab pada diri sendiri maupun kelompok dalam menyelesaikan kegiatan dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Implementasi Pendekatan Cooperative Learning dalam membentuk karakter tanggung jawab anak usia dini di TK Negeri Pembina Ulujami Pemalang. Faktor pendukung dan faktor penghambat Implementasi Pendekatan Cooperative Learning dalam membentuk karakter tanggung jawab anak usia dini di TK Negeri Pembina Ulujami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian (Field Research). Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumen. Jenis analisis yang digunakan adalah model Milles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, proses reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Pendekatan Cooperative Learning dalam membentuk karakter tanggung jawab anak usia dini dilakukan melalui 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pendekatan cooperative learning dalam membentuk karakter tanggungjawab anak usia dini. Yang menjadi faktor pendukung antara lain sarana dan prasarana yang memadai, dan APE (Alat Peraga Edukatif). Sedangan faktor penghambatnya yaitu pengelompokan yang tidak tepat, dan perbedaan minat anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAnnur, Aan FadiaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Learning, Karakter Tanggung Jawab
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:11
Last Modified: 20 Feb 2024 09:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6734

Actions (login required)

View Item View Item