Nuryati, Nuryati (2017) Pelaksanaan Bimbingan Karir Islam Melalui Latihan Kerja dalam Membentuk Kemandirian Anak Tunarungu di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Bab I-V.pdf Download (2MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
[09.31, 18/1/2024] Ida Royani: Kemandirian yang ditunjukkan anak tunaurngu di Sekolah Luar Biasa masih terus berkembang, baik kemandirian perilaku, emosi dan nilai. Banyak penyandang disabilitas yang masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Bahkan masih ada keluarga yang tidak menerima kehadirannya. Karena keterbatan tersebut, sebagian dari mereka anak tunarungu merasa kesulitan mencari pekerjaan. Oleh karena itu pelaksanaan bimbingan karir Islam perlu dilaksanakan untuk mewujudkan siswa tunarungu yang mandiri, siap menghadapi karirnya setelah lulus nanti. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemandirian anak tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Batang? 2) Bagaimana pelaksanaan bimbingan karir Islam melalui latihan kerja terhadap anak tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Batang? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan bimbingan karir Islam melalui latihan kerja dalam membentuk kemandirian anak tunarungu di sekolah Luar Biasa Negeri Batang? 4) Bagaimana kemandirian siswa tunarungu setelah mengikuti bimbingan karir Islam melalui latihan kerja di Sekolah Luar Biasa Negeri Batang? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan bimbingan karir Islam melalui latihan kerja di Sekolah Luar Biasa Negeri Batanng, mengetahui kemandirian anak tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Batang, mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan bimbingan karir Islam melalui latihan kerja dalam membentuk kemandirian anak tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Batang, dan mengetahui kemandirian siswa tunarungu setelah mengikuti bimbingan karir Islam melalui latihan kerja di Sekolah Luar Biasa Negeri Batang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teori psikologi perkembangan karir teori belajar sosial. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman antara lain: Reduksi data, model data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan karir Islam melalui latihan kerja di SLB Negeri Batang dapat membentuk kemandirian anak tunarungu. Melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut, kemandirian anak tunarungu yang awalnya sangat kurang setelah mengikuti bimbingan karir Islam dapat memiliki skill, antara lain tata busana, membatik dan melipat kertas. Sehingga anak tunarungu menjadi pribadi yang lebih mandiri, baik secara perilaku, emosi maupun nilai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Karir Islam, Kemandirian, Tunarungu | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2024 02:54 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jan 2024 02:54 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6761 |
Actions (login required)
View Item |