Pesan Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Syair Tanpo Waton KH. Mohammad Nizam As-Shofa

Khafidhi, Yusro (2016) Pesan Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Syair Tanpo Waton KH. Mohammad Nizam As-Shofa. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021112139 YUSRO KHAFIDHI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (8MB)
[img] Text
2021112139 YUSRO KHAFIDHI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (30MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Syair merupakan salah satu karya sastra yang bernilai tinggi, sebab syair adalah sastra yang isinya mengandung pendidikan seperti kisah-kisah, sejarah, nasehat atau petuah agama, adat istiadat, dan kebudayaan. Keberadaan syair dewasa ini sepertinya tergeser oleh lagu-lagu kekinian yang isinya belum tentu berisi pendidikan. Salah satu karya syair yang fenomenal, booming dan bisa diakses oleh masyarakat akhir-akhir ini adalah syair Tanpo Waton karya KH. Mohammad Nizam As-Shofa yang isinya sarat akan pendidikan bagi umat Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apa saja pesan nilai-nilai pendidikan Islam dalam syair Tanpo Waton KH. Mohammad Nizam As-Shofa, dengan tujuan penelitiannya adalah: Untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam dalam syair Tanpo Waton KH. Mohammad Nizam As-Shofa. Kegunaan penelitian adalah sebagai penuntun dalam menumbuh kembangkan nilai-nilai pendidikan Islam, serta menambah wawasan keilmuan dan memperkaya khazanah literatur kepustakaan. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan penelitian kualitatif yang menghasilkan analisa tanpa menggunakan analisis statistik ataupun kuantifikasi lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Sumber data yang digunakan berwujud data primer dan sekuder, sedangkan analisis datanya menggunakan metode content analysis (kajian isi) dengan melakukan penelaahan terhadap dokumen serta literatur yang berhubungan dengan masalah yang dikaji, melalui langkah membaca, mempelajari dan menganalisa data yang ada yang berkaitan dengan pembahasan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Syair Tanpo Waton KH. Mohammad Nizam As-Shofa sarat akan pesan nilai-nilai pendidikan Islam. Nilai-nilai pendidikan Islam yang dapat penulis temukan adalah nilai-nilai pendidikan ketauhidan, nilai-nilai pendidikan akhlak, nilai-nilai pendidikan aqidah. Jslamiyah, dan nilai-nilai pendidikan tasawuf.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Islam, Syair Tanpo Waton, KH. Mohammad Nizam As-Shofa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 22 Jan 2024 02:39
Last Modified: 22 Jan 2024 02:39
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6823

Actions (login required)

View Item View Item