SOFWANHADI, SOFWANHADI (2014) Strategi Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa P ada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas III MIS Kuripan Lor Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.
Text (thesis)
2021311125 SOFWAN HADI BAB I,V DAN LAMP.PDF Download (5MB) |
|
Text (thesis)
2021311125 SOFWAN HADI FULL TEXT.PDF Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Pendidikan rnerupakan salah satu asoek yang sangat urgen untuk mengembangkan potensi dan pribadi seseorang agar dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Pada umumnya pendidikan diselenggarakan untuk memenuhi tuntutan masyarakat. Oleh karena itu, setelah lulus diharapkan anak dapat membantu mengembangkan masyarakat atau ikut serta ambil bagian dalam rnemenuhi kebutuhan demi kesejahteraan masyarakat. Salah satu prinsip dalam melaksanakan pendidikan adalah siswa secara aktif mengambil bagian dalam kegiatan yang dilaksanakan. Untuk dapat melaksanakan suatu kegiatan pertama-tama harus ada pendorong untuk mewujudkan kegiatan itu, atau dengan kata lain, untuk dapat melakukan sesuatu harus ada motivasi. Dalam pengelolaan pendidikan ticlak akan terlepas dari adanya rencana pengajaran yang termasuk di dalamnya aclanya strategi. Terkait dengan strategi ini erat kaitannya dengan materi pelajaran. karena berhasil tidaknya kegiatar pembelajaran pendidikan banyak dipengaruhi oleh bagairnana strategi pengajaran tersebut diterapkan, di mana seorang guru menyampaikan materi pelajaran kepada siswa dan dituntut untuk bisa menerima materi pelajaran dari guru. Dalam hal ini keberadaan guru dituntut untuk bisa memvariasikan strategi dalam mengajar Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajarar, Aqidah Akhlak kelas III di MIS Kuripan Lor kota Pekalongan? 2. Bagaimana strategi yang diterapkan oleh guru untuk memotivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas III MIS Kuti pan Lor kota Pekalongan? Penelitian yang dilakukan penulis ini tennasuk penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode interview, observasi dan dokurnentasi. Sedangkan untuk ana!isis data nya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait. Baik yang tertulis maupun lisan dari objek peneli.ian yang ada di lembaga pendidikan MIS Kuripan Lor Kota Pekalongan yang telah diamati, dimana dalarn bal ini penulis menggambarkan secara menyeluruh tcntang keadaan yang sebenarnya. Keberhasilan guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi belajar siswa kelas III tercennin pada akhlak para siswa yang mana siswa selalu ta'zim kepada guru• gurunya dengan bersalaman setiap berjumpa. Artinya bahwa memotivasi belajar siswa kelas III MIS Kuripan Lor itu tidak hanya berbentuk nila-nilai angka seperti yang ada di raport. Namun lebih dari itu, juga berbentuk akhlak mereka dalam bermasyarakat dan memang ha! inilah yang sangat diharapkan oleb :.vlIS Kuripan Lor Kota Pekalongan untuk menjadikan manusia-rnanusia yang berakhlakul karimah karena sesuai dengan visi dan rnisi MIS Kuripan Lor Kota Pekalongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Gum dalam Mernotivasi Belajar Siswa. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2024 01:59 | ||||||||
Last Modified: | 24 Jan 2024 01:59 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6894 |
Actions (login required)
View Item |