Khusna, Khotimatul (2015) Hubungan Perhatian Orangtua dengan Keaktifan Belajar Siswa di MASS Proto Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.
Text
2021110068 KHOTIMATUL KHUSNA BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (11MB) |
|
Text
2021110068 KHOTIMATUL KHUSNA BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (22MB) |
Abstract
Pendidikan pertama kali berlangsung di dalam keluarga, Orang tua merupakan pendidik utama dan pertama bagi anak-anak mereka, karena dari merekalah mula-mula anak menerima pendidikan. Perhatian dari orang tua akan berdampak positif bagi anak, karena anak merupakan peniru yang paling jitu dan handal, dimana selalu meniru segala sesuatu yang dilihatnya. Keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari lima kategori seperti mampu menguasai ketrampilan motoris, informal verbal, kemampuan intelektual, strategi kognitif, dan sikap. Dengan penguasaan lima kategori tersebut, siswa dapat aktif dalam kegiatan yang tentunya didukung oleh faktor keluarga yang peduli, tanggap, memperhatikan,dan memotivasi agar siswa aktif dalam belajar. Keberhasilan belajar siswa sekali lagi tidak terlepas dari berbagai faktor, diantaranya adalah faktor orang tua. Peran orang tua sangatlah penting dalam berkembangnya aspek psikomotorik, kognitif, maupun afektif, dimana orang tua harus selalu memberikan sebuah perhatian untuk anak dalam hal belajar. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalahnya adalah 1). Bagaimana perhatian orang tua siswa di MASS Proto kecamatan Kedungwuni kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015? 2). Bagaimana keaktifan belajar siswa di MASS Proto kecamatan Kedungwuni kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015? 3). Bagaimana hubungan perhatian orang tua dengan keaktifan belajar siswa di MASS Proto kecamatan Kedungwuni kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perhatian orang tua dan keaktifan belajar siswa di MASS Proto Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015 serta hubungan antara keduanya. Secara penelitian ini diharapkan dapat memberikan konstribusi pemikiran tentang pentingnya hubungan perhatian orang tua dengan keaktifan belajar siswa. Secara praktis penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas tentang hubungan perhatian orang tua dengan keaktifan belajar siswa di MASS Proto Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015 dan memberi kontribusi pemikiran dalam usaha meningkatkan keaktifan belaj ar siswa. Jenispenelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Terdapat dua variabel yang diambil dari 35 sampel yang diambil secara acak dari populasi yang ada. Sedangkan metode pengumpulan data dengan teknik observasi, dokumentasi serta angket yang dianalisis menggunakan analisis korelasi product moment. Setelah melakukan penelitian berdasarkan data yang ada dan kemudian dilakukan analisis, maka dapat disimpulkan bahwa: data yang menggambarkan tentang perhatian orangtua menghasilkan skor yang didapat dari angket perhatian orang tua sebesar 78,48 termasuk ke dalam kategori cukup karena berada pada interval 74-80. Data yang menggambarkan tentang keaktifan belajar siswa menghasilkan skor yang didapat dari angket keaktifan belajar siswa sebesar 75,17 termasuk kedalam kategori kurang karena berada pada interval 73- 76. Berdasarkan basil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi product moment membuktikan bahwa pada tingkat kesalahan 5% tidak terdapat korelasi antara perhatian orangtua dengan keaktifan belajar siswa. Hal ini dibuktikan pada tingkat kesalahan 5% menunjukkan nilai Rxy sebesar 0,291 <1t sebesar 0,334 sehingga Ha ditolak dan Ho diterima. Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | perhatian orangtua, keaktifan belajar | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2024 03:35 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Jan 2024 03:35 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6900 |
Actions (login required)
View Item |