Maskanah, Siti (2015) Upaya Guru dalam Pembentukan Kecerdasan Emosional Siswa di SMA N 1 Kajen. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.
Text
2021110069 SITI MASKANAH BAB I, V DAN LAMP.PDF Download (4MB) |
|
Text
2021110069 SITI MASKANAH FULL TEXT.PDF Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Tawuran antar siswa sekolah akhir-akhir ini mengundang perhatian khusus masyarakat. Sebagian menganggap ada kesalahan dalam penerapan sistem pendidikan di Indonesia sehingga perilaku siswa menyimpang dari norma kesusilaan. Tawuran, pencurian, bahkan penodongan semakin mencoreng muka dunia pendidikan. Kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor terpenting dalam proses pendidikan. Dengan kecerdasan emosional, diharapkan siswa dapat membangun sikap terpuji yang muncul dari hati dan akal. Kecerdasan emosional adalah potensi psikologis yang bersifat positif dan perlu dikembangkan. Pennasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru pembentukan kecerdasan emosional siswa di SMA N I Kajen dan apa saja faktor• faktor penghambat upaya guru dalam pembentukan kecerdasan emosional siswa di SMA N I Kajen. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa data model interaktif yang terdiri atas empat tahapan yang dilakukan. Tahapan pertama adalah tahap pengumpulan data, tahap kedua adalah reduksi data, tahap ketiga adalah display data, dan tahap keempat adalah penarikan simpulan. Hasil penelitian ini bahwa upaya yang dilakukan guru dalam pembentukan kecerdasan emosional siswa di SMA N I Kajen meliputi: a. pembentukan kesadaran diri yang dilakukan dengan cara memberikan teladan, pemahaman tentang diri sendiri, mengajarkan instropeksi diri. b. penciptaan suasana hati yang menyenangkan yang dilakukan dengan cara sharing, memberikan permainan-permainan kecil yang dapat menyegarkan suasana, memberikan cerita-cerita lucu yang dapat membangkitkan suasana. c. pemberian motivasi yang dilakukan dengan cara menyemangati, memberikan bimbingan kepada siswa, tidak memarahi siswa ketika ada siswa yang menemui kegagalan. d. mengupayakan agar siswa dapat menerima perbedaan yang ada dengan cara menanamkan konsep bahwa Islam itu rahmatan lil 'alamin. e. penanaman perilaku terpuji yang dilakukan dengan cara penanaman kejujuran, toleransi, budaya salam, senyum, sapa, sopan santun, pelatihan kurban, sholat jamaah. f. pembinaan hubungan dengan semua warga sekolah yang dilakukan dengan membina silaturrahim dan komunikasi. Adapun faktor-faktor penghambat upaya guru dalam pembentukan kecerdasan emosional meliputi mentalitas guru yang tidak mau berubah, perbedaan tingkat usia guru, keterbatasan waktu, jumlah siswa, kondisi lingkungan yang tidak selamanya mendukung dan siswa yang tidak mau diajak sharing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Guru dan Kecerdasan Emosional | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2024 03:46 | ||||||||
Last Modified: | 24 Jan 2024 03:46 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6902 |
Actions (login required)
View Item |