Ghoni,, Abdul (2017) Peran Taman Pendidikan Al-Qur’an Ar-Ridho Terhadap Pembentukan Akhlak Anak Usia 7-12 Tahun Di Desa Bendansari Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Bab I-V.pdf Download (3MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Pada dunia pendidikan, terutama dalam TPQ dijadikan sebagai salah satu lembaga pendidikan yang bergerak pada perkembangan pendidikan al-Qur’an. Banyak pihak yang menaruh harapan kepada TPQ. TPQ merupakan lembaga pendidikan non formal yang ikut serta dalam memajukan dan mencerdas kan anak bangsa. Dengan demikian TPQ memiliki peran untuk membentuk manusia berakhlak mulia dan bermartabat. TPQ diharapkan dapat menjadi sebuah tempat pencerahan baik pendidikan moral maupun agama. Berdasarkan latarbelakang tersebut penulis dapat merumuskan masalah yaitu bagaimana pelaksanaan pembentukan akhlak anak di TPQ Ar-Ridho? Bagaimana peran TPQ terhadap pembentukan akhlak anak usia 7-12 tahun di Desa Bendansari Pekalongan? Apa saja faktor pendukung dan penghambat terhadap pembentukan akhlak anak usia 7-12 tahun di Desa Bendansari Pekalongan? Bagaimana kondisi akhlak anak sesudah belajar di TPQ Ar-Ridho?.Tujuan penelitian untuk Mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pembentukan akhlak anak di TPQ Ar-Ridho, Mengetahui dan mendeskripsikan peran TPQ Ar-Ridho terhadap pembentukan akhlak anak di Desa Bendansari Pekalongan, mengetahui dan menjelaskan faktor pendukung dan penghambat peran TPQ Ar-Ridho terhadap pembentukan akhlak anak usia 7-12 tahun di Desa Bendansari Pekalongan, dan mengetahui dan mendeskripsikan akhlak anak sebelum dan sesudah belajar di TPQ Ar-Ridho. Kegunaannya hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan sekaligus sebagai pembinaan, terutama kajian tentang metode pembentukan akhlak anak di Desa Bendansari Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan yang menekankan pada tingkah laku manusia, bahwa tingkah laku manusia itu mempunyai makna yang sesungguhnya. Pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan buku-buku referensi lainnya. Data yang diperoleh dianilisi menggunakan analisis deskriptif dengan menggambarkan kategori yang relevan dengan tujuan penelitian dan didasarkan pada teori-teori yang sesuai. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukan adanya peran TPQ yang cukup signifikan dalam pembentukan akhlak anak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendidikan TPQ memiliki peran terhadap pembentukan akhlak anak di Desa Bendansari. Dengan berbagai metode pengajaran dan program dalam pembelajarannya. Serta pembiasaan yang dilakukan setiap harinya yang berjalan secara kontinyu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembentukan Akhlak, Pendidikan Al-Quran | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.1 Filsafat Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2024 04:49 | ||||||||
Last Modified: | 25 Jan 2024 04:49 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6926 |
Actions (login required)
View Item |