Khusna, Liya Ummal (2015) Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di MAN 2 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.
Text
2021110085 LIYA UMMAL KHUSNA BAB I,V DAN LAMP.PDF Download (8MB) |
|
Text
2021110085 LIYA UMMAL KHUSNA FULL TEXT.PDF Restricted to Registered users only Download (17MB) |
Abstract
Peran seorang guru bimbingan dan konseling di sekolah adalah seorang pengajar atau pendidik yang memegang tanggungjawab memberikan bantuan kepada siswa dalam menghindari atau mengatasi kesulitan di dalam kehidupannya agar individu dapat mencapai kesejahteraan hidup kedisiplinan dalam hal belajar. Kedisiplinan dalam hal belajar yang di lak.ukan oleh siswa di sekolah yaitu kurangnya kesadaran untuk belajar pada saat akan ulangan, tidak memerhatikan apa yang di sampaikan oleh gurunya di kelas dan sebagainya. Dalam hal penyelengaraan pendidikan, maka peran guru bimbingan dan konseling sangat penting dalam kedisiplinan belajar · siswa. Salah satunya di MAN 2 Pekalongan yaitu jumlah guru bimbingan dan konseling dan banyaknya siswa tidak seimbang ddengan latar belakang pendidikan yang tidak. sesuai dengan jabatan yang dipegangnya. Adapun rumusan masalah dalarn skripsi ini adalah Bagaimana Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di MAN 2 Pekalongan? Bagaimana Kondisi Kedisiplinan Belajar Siswa di MAN 2 Pekalongan? Bagaimana Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di MAN 2 Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di MAN 2 Pekalongan, untuk mengetahui kondisi kedisiplinan belajar siswa di MAN 2 Pekalongan dan untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di MAN 2 Pekalongan. Adapun kegunaan penelitian ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi pembaca tentang peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dan metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi clan dokumentasi, swnber data primemya yaitu guru bimbingan dan konseling dan siswa sedangkan teknik analisis datanya analisis berpikir induktif yaitu menganalisis fakta-fakta atau peristiwa khusus yang terjadi di MAN 2 Pekalongan kemudian ditarik generaliasasi-generalisasi yang bersifat umum. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah Pelaksanaan BK MAN 2 Pekalongan cukup baik dan dalam pengunaan layanan layanan BK di MAN 2 Pekalongan menggunakan pola BK 17 plus. Kondisi kedisiplinan belajar siswa cukup baik, akan tetapi yang berkaitan dengan tata tertib masih kurang. Peran guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa sudah sesuai dengan patokan sebagai guru bimbingan dan konseling. Selanjutnya guru bimbingan dan konseling membutuhkan kerjasama dengan guru mapel, wali kelas dan seluruh komponen karyawan di sekolah untuk lebih menegakkan kedisiplinan
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru Bimbingan dan Konseling dan Kedisplinan Belajar |
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
Depositing User: | Ridho Aji Anggana |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 06:46 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 06:46 |
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6931 |
Actions (login required)
View Item |