WAKHIDIN, WAKHIDIN (2014) Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Standar Kompetensi Membiasakan Perilaku Terpuji Semester 2 Melalui Metode Bermain Peran Bagi Sisw A Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 03 Wangkelang Kandangserang Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.
Text (Thesis)
2021311193 WAKHIDIN BAB I - V DAN LAMP .PDF Download (6MB) |
|
Text (thesis)
2021311193 WAKHIDIN FULL TEXT.PDF Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Keberhasilan belajar salah satunya ditentukan oleh guru, siswa dan sumber belajar. Ketepatan guru dalam memilih metode yang sesuai dengan materi dan psikologi siswa akan membuat motivasi anak meningkat. Pendidikan di tingkat sekolah dasar sering terlihat guru menggunakan metode ceramah. Namun jika metode ceramah digunakan pada materi sikap, diprediksi akan menyulitkan pemahaman siswa kelas rendah yang masih sedikit perbendaharaan kata. Atas dasar itu maka digunakan metode bermain peran Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Apakah metode bermain peran dapat meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam standar kompetensi membiasakan perilaku terpuji pada semester 2 bagi siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 03 Wangkelang?, 2) Apakah metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam standar kompetensi membiasakan perilaku terpuji pada semester 2 bagi siswa kelas 1 Sekolah Dasar N egeri 03 Wangkelang?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam standar kompetensi membiasakan perilaku terpuji pada semester 2 bagi siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 03 Wangkelang, 2) Untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam standar kompetensi membiasakan perilaku terpuji pada semester 2 bagi siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 03 Wangkelang. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah penelitian ini diharapkan dapat menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan ilmiah di bidang pendidikan, khususnya tentang penerapan metode bermain peran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yakni dengan memaparkan deskripsi kualitas pembelajaran mulai dari perencanaan hingga refkesi pada siklus 1 dan 2. Tehnik pengumpulan data dengan observasi, tes, dokumen dan wawancara. Data dianalisis dengan pendekatan deskriptif komparatif, yakni dengan membandingkan rata-rata antara hasil observasi motivasi dan hasil belajar siswa pada siklus 1 dengan siklus 2. Hasil penelitian: Pertama; pada siklus I motivasi belajar siswa dengan rata• rata motivasi 53,53 dikategorikan baik dan rata-rata hasil belajar 60, Kedua; Pada siklus II motivasi belajar siswa dengan rata-rata motivasi 63,95 dikategorikan baik dan rata-rata hasil belajar 70,9. Dari siklus I ke siklus II motivasi belajar siswa baik, sedangkan untuk hasil belajar dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 10,9. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain peran pada pelajaran agama Islam standar kompetensi membiasakan perilaku terpuji dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar Hasil Belajar Bermain Peran. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
Date Deposited: | 29 Jan 2024 01:52 | ||||||||
Last Modified: | 29 Jan 2024 01:52 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6955 |
Actions (login required)
View Item |