Peranan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Banjaratma Brebes

Azizah, Nur (2018) Peranan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Banjaratma Brebes. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I-V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kecerdasan emosi atau emotional intelligence merujuk kepada kemampuan mengenali perasaan kita sendiri dan perasaan orang lain kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungan orang lain. Kecerdasan emosional ini meliputi kesadaran individu (self awareness), kemanpuan bersosial (social skill), pembangunan karakter (character building). Di SMP Muhammadiyah Banjaratma bahwa kecerdasan emosional siswa termasuk social skill dikarenakan kurangnya berinteraksi. SMP Muhammadiyah Banjaratma merupakan salah satu sekolah yang ada di Kabupaten Brebes di sekolah tersebut terdapat 3 kelas yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Dari sejumlah siswa tersebut tentunya memiliki latar belakang yang berbeda-beda yang sangat dimungkinkan akan memiliki tingkat kecerdasan emosional yang berbeda-beda pula. Dalam membentuk kecerdasan emosional siswa, tentunya mempunyai peran tertentu dalam usaha untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa yang diasuhnya. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Kecerdasan Emosional Siswa dan bagaimana Peranan Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Meningktkan Kecerdasan Emosional Siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Banjaratma Brebes?. Tujuan penelitian adalah untuk Mengetahui Kecerdasan Emosional Siswa dan untuk Mengetahui Peranan Guru Bimbingan dan Konseling terhadap kecerdasan emosional siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah Banjaratma Brebes. Secara Teoritis penilitian ini diharapkan menjadi bahan kajian bagi peneliti-peniliti lainnya. Secara praktis diharapakan dapat menambah wawasan, pengetahuan, serta informasi tentang pentingnya kecerdasan emosional siswa.dapat dijadikan sebagai masukan bagi sekolah yang bersangkutan tentang Peranan Guru BK Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswanya. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah (field research) Metode Pengumpulan Data dengan Wawancara, Dokumentasi dan Observasi yang dianalisis dengan Metode analisa data analisa model interaktif penarikan kesimpulan. Hasil penelitian skripsi ini adalah Peran guru BK (bimbingan konseling) sebagai pembimbing (guide), memberikan layanan orientasi, Memberikan Layanan informasi, Memberikan layanan bimbingan belajar, Memberikan layanan konseling individu, Memberikan layanan bimbingan dan konseling kelompok, yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, waktu, dan kondisi yang ada di SMP Muhammadiyah Bnjaratma Brebes, Adapun Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Banjaratma Brebes meliputi: Mengenali, menerima, dan mengekspresikan emosi (kefasihan emosional). Menyertakan emosi dalam kerja-kerja intelektual dan memahami dan menganalisis emosi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuna, Arif ChasanulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peranan, Guru Bimbingan Konseling, Kecerdasan Emosional, Siswa Kelas VII, SMP Muhammadiyah Banjaratma Brebes
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:34
Last Modified: 30 Jan 2024 07:34
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6972

Actions (login required)

View Item View Item