Strategi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Santri Pondok Pesantren Manba'ul Falah Sampangan Pekalongan

Hidayat, Sidqon Dwi (2016) Strategi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Santri Pondok Pesantren Manba'ul Falah Sampangan Pekalongan. Diploma thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Other
2021110128 SIDQON DWI HIDAYAT BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (13MB)
[img] Other
2021110128 SIDQON DWI HIDAYAT BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (27MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Hidayat, Sidqon Dwi. (2021110128). 2016. Strategi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Santri Pondok Pesantren Manba'ul Falah Sampangan Pekalongan. Skripsi. Tarbiyah PAI Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Ors. H.Ismail, M.Ag. Kata Kunci : Pendidikan Karakter dan Pondok Pesantren. Latar belakang dalam skripsi ini yaitu adanya permasalahan yang sering bertentangan dengan pendidikan karakter di Pondok pesantren Manba'ul Falah yakni Ghosob atau mencuri, banyak santri yang dengan kesadaran dirinya memakai atau meminjam barang yang bukan haknya contoh seperti meminjam sepeda ontel tanpa izin, memakai baju, sandal bahkan seperti perlengkapan mandi tanpa izin hal ini tennasuk dalam kategori ghosob karena berlawanan dengan apa yang diajarkan di pondok pesantren, bahkan saat pengajian kitab kuning santri ada yang berani membolos untuk sekedar online di warnet ataupun bermain Playstation. Pennasalahan dalam penelitian skripsi ini yaitu bagaimana strategi pelaksanaan pendidikan karakter santri pondok pesantren Manba'ul Falah Sampangan Pekalongan, apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan pondok pesantren Manba'ul Falah Sampangan Pekalongan, dan bagaimana hasil pendidikan karakter pondok pesantren Manba'ul Falah Sampangan Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pelaksanaan pendidikan karakter santri pondok pesantren Manba'ul Falah tetang pendidikan karakter santri, untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan di pondok pesantren Manbaul Falah Sampangan Pekalongan, dan untuk mendeskripsikan hasil pendidikan karakter pondok pesantren Manbaul Falah Sampangan Pekalongan. Adapun Secara praktis penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu altematif mengetahui strategi pelaksanaan pendidikan karakter di pondok pesantren, dan hasil penelitian ini diharapkan dapat menyumbang khasanah ilmu pengetahuan dan mengembangkan pendidikan agama Islam. Adapun secara teoretis Bagi kyai, sebagai motivasi untuk melaksanakan pendidikan karakter santri demi terciptanya pribadi santri yang Islami, Bagi santri, sebagai sarana meningkatkan pengetahuan keagamaan dan sebagai upaya mengamalkan nilai-nilai pendidikan karakter., dan bagi orang tua, sebagai motivasi orang tua memberikan pendidikan karakter bagi anak di lingkungan pondok pesantren Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik interview/wawancara dan teknik dokumentasi. Dan dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsmail, IsmailUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan KPendidikan Karakter dan Pondok Pesantren. Karakter dan Pondok Pesantren.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 31 Jan 2024 02:55
Last Modified: 31 Jan 2024 02:55
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6979

Actions (login required)

View Item View Item