ITAOIL'LAH, ITAOIL'LAH (2015) Pelaksanaan Kurikulum Program Tahfidz Al-Qur'an 2 Juz Di SDIT Ulul Albab Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.
Text (Thesis)
2021312017 ITAQILLAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (10MB) |
|
Text (Thesis)
2021312017 ITAQILLAH BAB I - V DAN FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (20MB) |
Abstract
Program tahfidz Al-Qur'an jarang dilakukan di lembaga formal setingkat SD. Menghafal Al-Qur'an di usia dini akan lebih potensial daya serapnya terhadap materi-materi yang dibaca dan dihafal serta didengarnya. Dalam memaksimalkan tujuan tersebut diperlukan adanya kurikulum pembelajaran yang jelas, sehingga pembelajaran akan lebih terarah. Kurikulum merupakan jantung pendidikan yang dapat menggambarkan kompetensi outcome dari program pendidikan. . Permasalahan pokok yang ingin dijawab dalam skripsi ini adalah: bagaimana kurikulum program tahfidz Al-Qur'an 2 juz di SDIT Ulul Albab Pekalongan, bagaimana pelaksanaan kurikulum program tahfidz Al-Qur'an 2 juz di SDIT Ulul Albab Pekalongan dan apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kurikulum program tahfidz Al-Qur'an 2 juz di SDIT Ulul Albab Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kurikulum program tahfidz Al-Qur'an 2 juz di SDIT Ulul Albab Pekalongan, mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum program tahfidz Al-Qur'an 2 juz di SDIT Ulul Albab. Pekalongan dan mendeskripsikan faktor pendukung clan penghambat pelaksanaan kurikulum program tah:fidz Al-Qur'an 2 juz di SDIT Ulul Albab Pekalongan. Sedangkan kegunaannya diharapkan dapat memperkaya khazanah dalam dunia pendidikan dan memberikan sumbangan pikiran bagi pendidik dan orang tua dalam mempersiapkan anak didiknya agar mencintai menghafal Al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena penelitl berminat menelaah dan menganalisis tentang pelaksanaan kurikulum program tahfidz Al• Qur' an 2 juz di SDIT Ulul Albab Pekalongan. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observsi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa kurikulum program tahfidz Al-Qur'an 2 juz di SDIT Ulul Albab Pekalongan memiliki tujuan agar siswa hafal juz 30 dan juz 29. Metode yang digunakan adalah metode talqin musyafahah, metode takrir, meto.de talaqqi dan meto.de mandiri. Evaluasinya melip.uti tes kenaikan ayat, tes kenaikan surat dan sidang tahsis tahfidz. Sedangkan hasil yang dicapai telah memenuhi target dan tujuan sebagaimana yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Adapun fakter yang menjadi pendukung pelaksanaan kurikulum program tahfidz Al-Qur'an 2 juz di SDIT Ulul Albab Pekalongan adalah minat dan motivasi siswa yang tinggi, perhatian guru, pemberian penghargaan (reward) dan adanya perangkat pembelajaran. Sedangkan faktor yang menghambatnya meliputi input siswa yang berbeda dalam hal kemampuan membaca Al-Qur'an, jumlah siswa perkelompok yang terlalu banyak, fasilitas yang kurang memadai serta perhatian orang tua yang kurang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum, Program Tahfidz Al-Qur'an | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2024 02:19 | ||||||||
Last Modified: | 02 Feb 2024 02:19 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6995 |
Actions (login required)
View Item |