Fauziah, Asmaul (2014) Peran Guru dalam Mengatasi Anak Disleksia (Kesulitan Membaca) Kelas II SD Negeri Tega/sari 02 Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Diploma thesis, IAIN Pekalongan.
Other
2021110165 ASMAUL FAUZIAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (15MB) |
|
Other
2021110165 ASMAUL FAUZIAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (27MB) |
Abstract
Fauziah, Asmaul. 2015. Peran Guru dalam Mengatasi Anak Disleksia (Kesulitan Membaca) Kelas II SD Negeri Tega/sari 02 Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang, Jurusan/Program Studi: Tarbiyah/S, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing: Dr. M. Sugeng Sholahuddin, M. Ag. Kata Kunci : Peran Guru Dalam Mengatasi Anak Disleksia (Kesulita Membaca) Pada proses pembelajaran, peran pendidik sangatlah besar dan strategis berhasil atau tidaknya pembelajaran tergantung guru yang mengajar, begitupun dengan penanganan guru ketika siswa mengalami Disleksia (kesulitan membaca) peran guru sangat dibutuhkan karena Disleksia membutuhkan penangan yang serius dan tepat, apabila tidak di tangani dengan baik akan berakibat fatal kepada siswa yang berdampak pada masa depan siswa tersebut. Permasalahan dalam skripsi ini meliputi: 1. Apa kategorisasi anak yang mengalami disleksia? 2.Apa Penyebab Disleksia? 3. Bagaimana peran guru dalam mengatasi anak disleksia (Kesulitan Membaca) Kelas II SD Negeri 02 Tegalsari Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan peran guru dalam mengatasi anak disleksia (kesulitan membaca). Kegunaan penelitian ini secara teoristis untuk menambah khasanah ilmu pengetahuan bagi seorang guru dalam menangani anak yang memiliki kesulitan dalam belajar .. sedangkan secara praktis dapat memberikan masukan yang tepat bagi guru dalam memahami masalah-masalah yang dihadapi peserta didik, khususnya masalah kesulitan membaca. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), pendekatan penelitannya yakni pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif yang bersifat induktif. Berdasarksn penelitian yang peneliti lakukan di SD Negeri tegalsari 02 Kecamatan Kandeman Batang diperoleh Hasil penelitian : Pertama, gambaran kesulitan membaca yang dialami siswa yaitu membacanya masih di eja dan terbata-bata, membaca huruf atau kata secara terbalik. Kedua, faktor yang menyebabkan kesulitan membaca, antara lain: Faktor yang timbul dari dalam anak itu sendiri (Rasa malas belajar dan sulit mengendalikan emosi), Faktor Keluarga (kurangnya perhatian dan dukungan dari orang tua), Faktor Lingkungan . Masyarakat yang kurang baik. Ketiga, ada berbagai peran yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan membaca, diantaranya adalah : 1) Memberikan perlakuan khusus pada anak yang mengalami kesulitan membaca (anak yang kesulitan membaca di suruh maju kedepan untuk dibimbing dalam membaca), 2) Menggunakan berbagai metode (metode ceramah, Tanya jawab, Menyanyi, Pemberian Tugas) agar anak tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran, 3) Melakukam pengelolaan kelas dengan baik, 4) Ketika kelas sudah tidak kondusif guru mengadakan permainan tebak-tebakan dengan tujuan agar anak lebih fokus ke guru sehingga siswa dapat -memperhatikan apa yang dikatakan gurunya, 5) Ketika anak mulai bosan dalam mengikuti pelajaran, guru mengajak siswa untuk bemyanyi, 6) Memberikan motivasi pada anak, 7) Menumbuhkan
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Dalam Mengatasi Anak Disleksia (Kesulita Membaca) | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Asefuddin Riza | ||||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2024 01:42 | ||||||||
Last Modified: | 06 Feb 2024 01:42 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7025 |
Actions (login required)
View Item |