Pelaksanaan Penilaian Autentik Afektif pada Mapel PAI dalam Kurikulum 2013 Kelas IV di SDN 02 Kandang Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang

Lutfianika, Fika (2014) Pelaksanaan Penilaian Autentik Afektif pada Mapel PAI dalam Kurikulum 2013 Kelas IV di SDN 02 Kandang Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Diploma thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Other
2021110183 FIKA LUTFIANIKA BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (5MB)
[img] Other
2021110183 FIKA LUTFIANIKA FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelak.angi oleh mutu pendidikan secara umum tidak terlepas dari kualitas penggunaan instrumen evaluasi yang relevan. Keduanya terkait erat dengan kemampuan guru dalam mengajar dan ak.himya berdampak pada prestasi belajar siswa. Guru sebagai tenaga ak.ademik dituntut memiliki sifat profesional keguruan yang handal dan fungsinya sebagai pengajar dan pendidik disekolah. Guru harus mampu mengembangkan aspek kognitif, afektif dan psikomotor pada siswa-siswa tidak hanya menguasai pengetahuan tetapi juga memiliki sikap dan akhlak yang terpuji. Untuk. itu, guru harus menguasai kompetensi keguruan diantanya yang berkaitan dengan pelaksanaan, pengelolaan dan tindak lanjut evaluasi.Pelaksanaan penilaian aspek afektif di lapangan mengalamai kesulitan dalam mengcmbangkannya. Hal ini dikarenakan aspek afektif menyangkut domain yang paling dalam yang ada pada diri seseorang, yaitu kalbu atau hati nurani. Selain itu, sulitnya mengidentifikasi hasil-hasil pendidikan moral dan menerjemahkannya kedalam perilaku siswa yang diamati dan tingginya rasio antara guru dengan siswa sulitnya melakukan penilaian afektif. Permasalahan skripsi ini meliputi: bagaimana pelaksanaan penilaian autentik afektif pada mata pelajaran PAI siswa kelas IV di SDN 2 Kandang Comal Pemalangdan bagaimana kendala-kendala dalam pelaksanaan penilaian autentik afektif pada mata pelajaran PAI siswa kelas IV di SON 02 Kandang Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Untuk mengeksplorasi pelaksanaan penilaian autentik afektif pada mata pelajaran PAI siswa kelas IV di SDN 02 Kandang Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang.Untuk mengetahui kendala-kendala dalam pelaksanaan penilaian autentik afektif terhadap mata pelajaran PAI siswa kelas IV di SON 02 Kandang Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian ini merupakan field research (penelitian Japangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dikaji secara kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Seluruh kajiannya adalah diskriptif dimana peneliti menggambarkan penelitian yang dilakukan pada obyeknya secara jelas dan sistematis. Sernentara untuk teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan metode interview (wawancara), observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk jenis analisis data penulis menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan induktif. Hasll penelitian menunjukk:an bahwa pelaksanaan penilaian autentik afektif ini dilakukan dengan dua cara yang pertama dengan menggunakan penilaian sikap spiritual dan yang kedua dengan sikap sosialnya. Dengan adanya penilaian autentik afektif ini siswa menjadi antusias dalam mengikuti proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTa'rifin, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan, PenilaianAutentik Pada Mapel PAI
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:27
Last Modified: 06 Feb 2024 07:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7043

Actions (login required)

View Item View Item