Aziz, Abdul (2019) Implementasi metode edutainment (active learning) pada pembelajaran Al-Qur’an hadist kelas VIII di MTs Nurul Islam Krapyak Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (1MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan tidak terlepas dari proses belajar mengajar yang mana proses tersebut selalu berkaitan dengan hasil pembelajarannya. Untuk mencapai hasil pembelajaran yang maksimal, seorang guru harus mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pengajarannya dengan baik. Metode pembelajaran merupakan kunci keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar terutama jika metode tersebut adalah metode yang efektif, tepat dan efesien, serta disukai oleh peserta didik. Salah satu metode pembelajaran denga kriteria tersebut adalah Metode Edutainment (Active Learning). Penelitian ini dibuat untuk: 1) Mengetahui Implementasi Metode Edutainment (Active Learning) pada Pembelajaran Al-qur’an Hadist Kelas VIII di MTs Nurul Islam Krapyak Pekalongan. 2) Mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Metode Edutainment (Active Learning) pada Pembelajaran Al-qur’an Hadist Kelas VIII di MTs Nurul Islam Krapyak Pekalongan. Kegunaan penelitian ini secara teoritis adalah untuk menambah dan memperkaya khasanah keilmuan di dunia Pendidikan Agama Islam dalam hal penggunaan metode pembelajaran. Secara praktis yaitu sebagai bahan masukan dan sebagai bahan evaluasi agar para pendidik dapat lebih memahami karakteristik peserta didik dan lebih mendalami proses pembelajaran yang benar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field Research), teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan interview, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Terdapat lima metode utama dalam pembelajaran yang berbasis edutainment (active learning) yang dilaksanakan selama proses pembelajaran mata pelajaran Alquran Hadits di MTs Nurul Islam Krapyak Pekalongan kelas VIII, yaitu metode diskusi, metode tanya jawab, metode debat aktif, metode rapat dewan kota serta metode pemberian tugas dan resitasi; 2) Faktor pendukung Pelaksanaan Metode Edutainment (Active Learning) adalah Kepala Madrasah, Sarana dan Prasarana serta Teman Sejawat. Sedangkan Faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu, kemampuan siswa dan karakteristik siswa yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Edutainment (Active Learning), Al-Qur’an, Hadits. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||
Date Deposited: | 12 Jun 2020 07:31 | ||||||||
Last Modified: | 12 Jun 2020 07:31 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/707 |
Actions (login required)
View Item |