Pengaruh Penggunaan Sosial Media dan Game Online terhadap Akhlakul Karimah Remaja di Desa Kertijayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan

Mikail, Mikail (2023) Pengaruh Penggunaan Sosial Media dan Game Online terhadap Akhlakul Karimah Remaja di Desa Kertijayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2118164_MIKAIL AR BAB I-V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2118164_MIKAIL AR FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Akhlak juga bisa diartikan respon seseorang secara sepontan terhadap suatu rangsangan atau peristiwa yang terjadi di sekitarnya. Pengaruh lingkungan terhadap akhlak manusia bukan secara langsung tetapi dalam proses ini terdapat faktor-faktor berupa aktivitas atau peristiwa yang dapat meningkatkan atau menurunkan dampak yang timbul, kemudian berproses dalam diri baik secara afektif, persepsual, maupun kognitif sehingga berpengaruh terhadap respon kondisi lingkungan. Perkembangan teknologi yang begitu pesat membawa perubahan bagi pola kehidupan masyarakat, didukung pesatnya perkembangan koneksifitas jaringan internet yang menjadikan akses semakin mudah dan stabil dan di barengai dengan produk smartphone yang bermunculan. Pada penelitian ini membahas bagaimana sosial media dan game online berpengaruh terhadap akhlakul karimah remaja di Desa Kertijayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Rumusan masalah pada penelitian ini sebgai berikut: (1) Bagaimana pengaruh social media terhadap akhlakul karimah remaja di Desa Kertijayan Pekalongan, (2) Bagaimana pengaruh game online terhadap akhlakul karimah remaja di Desa Kertijayan Pekalongan, (3) Bagaimana pengaruh social media dan game online terhadap akhlakul karimah remaja di Desa Kertijayan Pekalongan Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 remaja. Jenis analisis data menggunakan rumus regresi linier berganda dengan uji hipotesis yaitu uji t dan uji f dengan bantuan program SPSS 29. Berdasarkan data hasil penelitian uji t diketahui dengan taraf signifikansi (ɑ = 5%) 0,05, pengaruh X1 sosial media terhadap Y akhlakul karimah (0,01 < 0,05) dan juga didapatkan hasil data pengaruh X2 game online terhadap Y akhlakkul karimah (0,01 < 0,05), maka dapat di simpulkan Ho ditolak HI diterima, selain itu juga di dapat dari hasil data uji koefisien determinasi (R2), yakni nilai persentase pengaruh penggunaan sosial media dan game online terhadap akhlakul karimah dengan nilai persentase sebesar 57,7%

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHasanah, Fatmawati NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Akhlak, Teknologi Informasi, Game Online
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 12 Feb 2024 04:17
Last Modified: 12 Feb 2024 04:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7079

Actions (login required)

View Item View Item