Peran guru PAI dalam pembinaan akhlak siswa SMP Islam An’Nur Blado Batang

Yasir, Abdul (2018) Peran guru PAI dalam pembinaan akhlak siswa SMP Islam An’Nur Blado Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Selama ini guru yang dipandang baik dalam pembinaan akhlak adalah guru PAI. Guru PAI merupakan guru yang memegang dan penanggung jawab mata pelajaran agama Islam. Tugas seorang guru adalah menanamkan keimanan kedalam jiwa peserta didik, mendidik anak agar taat menjalankan perintah agama, dan mendidik anak agar berbudi pekerti yang mulia. Dari beberapa penjelasan di atas, peneliti mengambil lokasi SMP Islam An’Nur Blado sebagai tempat penelitian yang berlabel sekolah Islam tetapi masih terdapat beberapa siswa kerap kali menunjukkan perilaku kurang terpuji seperti kurang disiplin, kurang bertanggung jawab, terlambat, gaduh di kelas, kurang sopan kepada guru, egois dan membolos. Kebanyakan perilaku siswa tersebut muncul karena pengaruh dari teman atau kakak tingkat ataupun sudah menjadi kebiasaan mereka waktu sekolah di jenjang sebelumnya. Hal tersebut begitu erat sekali dengan pembinaan akhlak siswa. Jika kerakter yang demikian dibiarkan saja pada siswa maka seterusnya siswa akan bersikap seperti itu dan sulit melakukan perubahan, maka fungsi pendidikan akan sia- sia. Untuk itu peran guru PAI sangat penting dalam membina akhlak siswa terlebih lagi tugas seorang guru PAI yang telah disebutkan di atas untuk mendidik anak agar berbudi pekerti yang mulia atau menjadikan siswa mempunyai akhlakul karimah. kemudian peneliti ingin menggali data bagaimana peran guru PAI di SMP Islam An’Nur Blado Batang dalam membina akhlak siswa melalui penelitian ini. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui: 1) Peran Guru PAI dalam Pembinan Akhlak siswa SMP Islam An’Nur Blado Batang. 2) Faktor Pendukung dan Penghambat dalam pembinaan akhlak siswa SMP Islam An’Nur Blado Batang. Kegunaan penelitian ini secara teoritis untuk memperkarya khasanah kepustakaan sebagai literatur akademis dan menambah wawasan keilmuan khusunya kajian tentang pembinaan akhlak siswa. Secara praktis sebagai bahan masukan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dalam menerapkan akhlak siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field Research). Sumber data penelitanya sumber data primer yaitu guru PAI dan siswa, sumber data skunder yaitu dokumen- dokumen, buku, artikel, media masa. Teknik pengumpulan datanya dengan melakukan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah mengumpukan data, kemudian disusun, dijelaskan dan sekaligus dianalisa, kemudian di simpulkan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa peran guru agama Islam sangat dominan dalam membentuk akhlakul karimah siswa secara menyeluruh dan berkesinambungan dengan cara keteladanan, pembiasaan, ajakan, teguran dan larangan yang diterapkan di dalam lingkungan sekolah, selain guru agama Islam juga semua guru memiliki tugas yang signifikan dalam mengontrol siswa dan kebijakan- kebijakan kepala sekolah dengan mengadakan acara sholat dhuhur berjamaah dan adanya buku absen sholat lima waktu yang dapat membentuk akhalakul karimah siswa. Selain itu, adanya faktor pendukung dalam membina akhlak siswa antara lain yaitu terdapat mata pelajaran lokal, lingkungan yang memegang erat budaya Islami. Tetapi juga terdapat faktor penghambat guru dalam membina akhlak siswa seperti kurangnya pengawasan guru kepada siswa, kemajuan ilmu pengetahuan teknologi dan faktor teman yang kurang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaulida, ChusnaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI, Pembinaan Akhlak
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 12 Jun 2020 07:46
Last Modified: 12 Jun 2020 07:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/709

Actions (login required)

View Item View Item