Upaya guru akidah akhlak dalam membentuk peserta didik berakhlakul karimah di SMP Islam Simbang Wetan kabupaten Pekalongan

Aulia, Dewi (2023) Upaya guru akidah akhlak dalam membentuk peserta didik berakhlakul karimah di SMP Islam Simbang Wetan kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119161_DEWI AULIA BAB I-V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2119161_DEWI AULIA FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Akhlakul karimah peserta didik merupakan pedoman yang baik dalam bertingkah laku sesuai dengan ajaran Islam. Akan tetapi, yang dimaksud dengan Akhlakul Karimah peserta didik dalam hal ini tidak hanya berkaitan dengan ucapan, sikap dan perbuatan yang harus ditampakkan oleh peserta didik dalam pergaulan di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah, melainkan juga untuk membantu proses KBM dapat bekerja secara efektif. Pembentukan akhlakul karimah ini bertujuan untuk memperbaiki masalah moral, seperti sopan santun, tingkah laku, dan tatasusila manusia yang semakin mengkhawatirkan pada zaman yang serba maju seperti saat ini. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana akhlakul karimah peserta didik di SMP Islam Simbang Wetan Kabupaten Pekalongan dan bagaimana upaya guru akidah akhlak dalam membentuk peserta didik berakhlakul karimah di SMP Islam Simbang Wetan Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Simbang Wetan Kabupaten Pekalongan, dengan populasi yaitu seluruh peserta didik SMP Islam Simbang Wetan Kabupaten Pekalongan dari kelas 7 sampai kelas 9 yang berjumlah 138 peserta didik. Adapun sampel penelitian ini sampel yang diambil dari populasi terjangkau sebanyak 40 Siswa. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah mixed methods atau metode kombinasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan statistik dekriptif dan model analisa data yang digunakan untuk mengolah data pada tahap kualitatif ini adalah model Miles and Huberman, yaitu terdiri dari data reduction, display data, dan conclusion drawing / verification. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut, akhlakul karimah yang dimiliki oleh peserta didik sudah baik, hanya terdapat 8 peserta didik yang tidak mencapai nilai ketuntasan. Pembentukan akhlakul karimah dilakukan melalui kegiatan non-akademik baik di sekolah maupun diluar sekolah dengan cara memberikan contoh yang baik kepada peserta didik. Upaya yang dilakukan oleh guru akidah akhlak dengan cara 1) Pembiasaan, yaitu dengan membiasakan peserta didik menaati tat tertib sekolah seperti berangkat tepat waktu, membiasakan sholat dhuhur berjamaah, dan bersikap sopan santun serta saling menghormati 2) motivasi dan nasihat, yaitu dengan cara guru memberikan masukan-masukan kepada peserta didik 3) kerjasama, yaitu dengan menyampaikan hasil belajar peserta didik, kegiatan sosialisasi, dan home visit bagi peserta didik yang bermasalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRosyadi, Mokh. ImronUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Akhlakul Karimah, Guru, Peserta Didik
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 20 Feb 2024 03:17
Last Modified: 20 Feb 2024 03:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7154

Actions (login required)

View Item View Item