Kamal, M. Hadyan (2023) Implementasi Model Problem based learning Berorientasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas 7 di SMP Negeri 8 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2119346_M. HAYDAN KAMAL BAB I-V.pdf Download (4MB) |
|
Text
2119346_M. HAYDAN KAMAL FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan secara langsung mengenai Implementasi Model Problem based learning Berorientasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas 7 di SMP Negeri 8 Kota Pekalongan dalam Penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 8 Kota Pekalongan masih jarang diterapkan, pembelajaran PAI masih sering menggunkan metode ceramah sehingga membuat anak kurang aktif dalam pembelajaran. Model problem based larning sangat cocok di terapkan karena Problem based learning adalah salah satu model pendekatan pembelajaran learner centered dan memberdayakan siswa yang belajar dan berpikir kritis Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi model pembelajaran problem based learning berorientasi kurikulum merdeka belajar dalam menunjang keaktif an peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas 7 di SMP Negeri 8 Kota Pekalongan ? (2) Apa saja kelebihan dan kekurangan implementasi model pembelajaran problem based learning berorientasi kurikulum merdeka belajar dalam menunjang keaktifan peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas 7 di SMP Negeri 8 Kota Pekalongan ? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu memaparkan dan menggambarkan keadaan serta fenomena atau situasi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer ialah guru dan siswa SMP Negeri 8 Kota Pekalongan dan sekunder berupa buku, jurnal dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan data model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan menghasilkan suatu kesimpulan sebagai berikut: pertama, Implementasi model pembelajaran problem based learning berorientasi pada kurikulum merdeka belajar dalam keaktifan peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Negeri 8 Kota Pekalongan kegiatan model pembelajaran tersebut meliputi : perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi model pembelajaran yang diterapkan. kedua, Kelebihan dari model pembelajaran problem based learning adalah dapat meningkatkan keaktifan pada siswa dalam belajar, karena model pembelajaran problem based learning berfokus pada siswa dalam pelaksanaannya. Kekurangan dari model pembelajaran problem based learning adalah keterbtasan waktu dalam penerapannya dan perbedaan daya intelektual antar siswa yang berbeda-beda. Namun, guru sebagai tenaga pendidik sudah memiliki solusi dalam mengatasi masalah tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Problem based learning, Kurikulum Merdeka | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2024 04:29 | ||||||||
Last Modified: | 20 Feb 2024 04:29 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7160 |
Actions (login required)
View Item |