Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film Aisyah biarkan kami bersaudara

Hanan, Ahmad Hanif (2023) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film Aisyah biarkan kami bersaudara. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2021116218_AHMAD HANIF HANAN BAB I-V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2021116218_AHMAD HANIF HANAN FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Sebagai umat islam, sudah sepatutnya memahami secara benar dan menerapkan hakekat dari pendidikan akhlak sesuai dengan ajaran islam. Di era sekarang, dimana teknologi dan komunikasi sangat mudah dijangkau, banyak dijumpai kasus-kasus penyimpangan yang didasari oleh rusaknya akhlak seseorang. Misalnya, berita mengenai beberapa pemangku jabatan yang korupsi, perbuatan pelecehan-pelecehan seksual, perbuatan rasisme antar sesama manusia, murid yang durhaka pada orang tua, budaya barat yang semakin luas penyebarannya sehingga merusak budaya timur yang ada di Indonesia, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, perlu adanya pembaruan serta penguatan terhadap pendidikan akhlak yang dilakukan di lembaga atau institusi pendidikan tertentu. Penanaman akhlak yang baik kepada siswa perlu diterapkan secara berkelanjutan dimulai pada itingkat sekolah dasar sampai pada jenjang perkuliahan Dalam hal ini, peneliti menilai pendidikan akhlak dapat lebih dipahami apabila penyampaian materi pembelajaran dimuat dengan penyampaian secara menarik. Salah satunya dengan menampilkan pembelajaran dengan media audio-visual. Terdapat beberapa cara pembelajaran memalui media audio-visual, salah satunya film Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara serta untuk menjelaskan bagaimana relevansi pendidikan akhlak dalam film Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara dengan materi pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian library research dengan menggunakan teknik pendekatan kualitatif, sumber yang dijadikan objek dalam penelitian ini adalah film Aisyah Biarkan Kami Bersaudara. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian dari materi audio dan visual dan metode dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Film Aisyah : biarkan kami bersaudara mengandung nilai-nilai pendidikan akhlak yang relevan dengan materi PAI dan kehidupan sehari-hari, adapun nilai-nilai akhlak tersebut ialah taqwa kepada Allah swt, sabar, gigih dan semangat, serta toleransi; 2) Relevansi pendidikan akhlak dalam film Aisyah : biarkan kami bersaudara dengan materi pendidikan agama Islam ditingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA terdapat dalam enam jenjang kelas dan 14 materi (bab), yaitu : Kelas VII 4 bab, kelas VIII 4 bab, kelas IX 1 bab, kelas X 2 bab, kelas XI 1 bab, dan kelas XII 2 bab.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBurhanudin, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Film
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 22 Feb 2024 07:49
Last Modified: 22 Feb 2024 07:49
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7255

Actions (login required)

View Item View Item