Rizqiana, Rizqiana (2019) Nilai-nilai pendidikan multikultural dalam novel Ayat-Ayat Cinta 2 karya Habiburrahman El Shirazy. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (3MB) |
|
Text
Full text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Pendidikan dewasa ini selain dihadapkan pada perkembangan kemajuan teknologi dan informasi, juga dihadapkan pada realitas sosial serta dinamika kehidupan masyarakat dengan unsur budayanya yang beragam (multikultur). Unsur keragaman budaya tersebut selain berimplikasi positif, juga dapat memberikan peluang konflik manakala tidak ada rasa saling memahami dan menghormati satu sama lain. Oleh karena itu, penanaman akan nilai-nilai pendidikan multikultural yang mampu membangun karakter individu yang toleran, egaliter, demokratis, menerima dan menghargai keragaman menjadi hal yang penting dan mendesak. Novel populer Ayat-ayat Cinta 2 karya Habiburrahman El Shirazy merupakan salah satu novel yang sarat akan nilai-nilai pendidikan multikultural. Keberadaan novel populer Ayat-ayat Cinta 2 ini dapat dijadikan sebagai media pendidikan kreatif dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan berwawasan multikultural. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan multikultural apa saja yang terdapat dalam novel Ayat-ayat Cinta 2 karya Habiburrahman El Shirazy? Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan multikultural dalam novel Ayat-ayat Cinta 2 karya Habiburrahman El Shirazy. Adapun jenis penelitian ini adalah library research (penelitian pustaka) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan multikultural yang terdapat dalam novel Ayat-ayat Cinta 2 karya Habiburrahman El Shirazy diantaranya adalah musyawarah, egaliter, keadilan, kemanusiaan, persatuan umat, kebersamaan dalam keragaman, toleransi, simpati dan empati, apresiasi dan dukungan, menghindari prasangka dan stereotip, dan dialog antar agama. Nilai-nilai tersebut merupakan dimensi penting dalam membangun dan menciptakan karakter masyarakat multikultur yang damai dan harmonis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Nilai Pendidikan Multikultural, Novel | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Yanto Yanto | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jun 2020 06:29 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jun 2020 06:29 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/727 |
Actions (login required)
View Item |