Persaingan usaha pedagang sayur pasar Banjarsari Pekalongan dalam perspektif etika bisnis Islam

Rismawanti, Leha (2017) Persaingan usaha pedagang sayur pasar Banjarsari Pekalongan dalam perspektif etika bisnis Islam. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
2013112050 LEHA RISMAWANTI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (12MB)
[img] Text
2013112050 LEHA RISMAWANTI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (35MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami persaingan usaha pedagang sayur Pasar Banjarsari dan kesesuaian etika bisnis Islam terhadap persaingan usaha pedagang sayur Pasar Banjarsari Pekalongan. Pasar Banjarsari merupakan pasar tradisional dan Jumlah pedagang yang ada di Pasar Banjarsari dilihat dari segi mayoritas keberagamannya, maka pedagang sayurlah yang menguasai dan mendominasi transaksi kegiatan jual beli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis peneletian lapangan. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan tujaun mendeskripsikan segala sesuatu tentang Etika bisnis Islam dan persaingan Usaha Pedagang Sayur sesuai dengan apa yang didengar dan dilihat. Hasil penelitian ini adalah dari segi produk (barang dagangan) dan persaingan harga yang ada di Pasar Banjarsari Pekalongan para pedagang bersaing secara sehat, sedangkan persaingan dari segi tempat, pedagang sayur bersaing secara tidak sehat, karena memilih tempat yang strategis tanpa adanya penarikan retribusi, namun untuk persaingan dari segi pelayanan pedagang memberikan pelayanan prima sesuai dengan syariat Islam, yaitu dengan memberikan pelayanan yang ramah, tidak meyakiti pembeli dengan perkataan yang baik. Oleh karena itu, para pedagang dalam melayani pembeli dapat dikatakan bersaing secara sehat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFateh, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persaingan Usaha, Etika Bisnis Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 24 Feb 2024 03:37
Last Modified: 24 Feb 2024 03:37
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7278

Actions (login required)

View Item View Item