Roikhat, Siti (2019) Implementasi metode reward and punishment untuk membina kedisiplinan siswa kelas IV dalam pembelajaran PAI di MIS Sembung Jambu Bojong Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Ketika anak mendapat reward terutama dihadapan teman-temannya, maka akan timbul dalam dirinya suatu perasaan senang dan gembira karena merasa dihargai yang kemudian munculah dorongan, semangat dan gairah untuk belajar dalam rangka mencapai hasil belajar yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Sedangkan bagi siswa lainnya juga timbul dorongan dan semangat untuk memperoleh hasil belajar yang baik pula karena adanya keinginan untuk dihargai dan diakui prestasinya. Dengan demikian pemberian rewardand punishment yang diberikan guru pada siswamampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanaimplementasi metode reward and punishment untuk membina kedisiplinan siswa kelas IV dalam pembelajaran PAI di MIS Sembung Jambu Bojong Kabupaten Pekalongan? apa dampak implementasi metode reward and punishment untuk membina kedisiplinan siswa kelas IV dalam pembelajaran PAI di MIS Sembung Jambu Bojong Kabupaten Pekalongan? faktor apa saja yang mendukung dan menghambat implementasi metode reward and punishment untuk membina kedisiplinan siswa kelas IV dalam pembelajaran PAI di MIS Sembung Jambu Bojong Kabupaten Pekalongan? Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang ada digunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi metode reward and punishment untuk membina kedisiplinan siswa kelas IV dalam pembelajaran PAI di MIS Sembung Jambu Bojong Kabupaten Pekalongan, antara lain: 1) Bentuk reward yang diberikan, berupa: Pemberian reward dalam bentuk pujian, Pemberian reward dalam bentuk nilai, Pemberian reward dalam bentuk benda. 2) Bentuk punishment yang diberikan, berupa: Memberi tugas tambahan, Menghafal rumus matematika atau surat-surat pendek, Membersihkan ruang kelas. Kedua, Dampak implementasi metode reward and punishment untuk membina kedisiplinan siswa kelas IV dalam pembelajaran PAI di MIS Sembung Jambu Bojong Kabupaten Pekalongan, antara lain: Tingkat perhatian siswa terhadap pembelajaran meningkat, Bertambahnya tingkat keyakinan siswa terhadap kemampuan dalam mengerjakan tugas-tugas pembelajaran, Dapat menjaga perilaku siswa. Ketiga, Faktor yang mendukung implementasi metode reward and punishment untuk membina kedisiplinan siswa kelas IV dalam pembelajaran PAI di MIS Sembung Jambu Bojong Kabupaten Pekalongan, antara lain: Adanya pemberian reward berupa penambahan nilai, Adanya sarana dan prasarana yang memadai ataupun dengan medianya, Motivasi belajar siswa yang tinggi. Sedangkan faktor yang menghambat antara lain: Faktor dalam diri siswa yakni keengganan siswa dalam melaksanakan punishment dari guru, Faktor perhatian orang tua, Faktor lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Reward And Punishment, Kedisiplinan Siswa | ||||||||
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan | ||||||||
Depositing User: | Rizi Jawani | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jun 2020 07:15 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jun 2020 07:15 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/732 |
Actions (login required)
View Item |